Sukses

Mikel Arteta Dukung Pemain Ini untuk Jadi Kapten Baru di Arsenal

Mikel Arteta menilai Martin Odegaard punya semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin baru di Arsenal.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Arsenal Mikel Arteta mendukung Martin Odegaard untuk mengambil alih posisi kapten di The Gunners. Manajer asal Spanyol itu menilai Odegaard punya semua kualitas yang dibutuhkan sebagai pemimpin tim.

Dilansir dari Mirror, Arsenal sejatinya telah menunjuk Alexandre Lacazette untuk mengenakan ban kapten hingga akhir musim. Jabatan tersebut sebelumnya diisi oleh Pierre-Emerick Aubameyang yang kemudian hijrah ke Barcelona.

Akan tetapi, kontrak Lacazette bakal habis pada musim panas ini. Laporan menyebut pemain berusia 30 tahun itu kemungkinan tak akan memperpanjang masa tinggalnya di Emirates. Kondisi tersebut membuat Arteta harus menunjuk pemimpin baru dalam waktu dekat.

Adapun Odegaard merupakan pemain yang didatangkan ke Emirates pada 2021 melalui kesepakatan senilai 30 juta poundsterling. Pesepak bola kelahiran 1998 ini berhasil membuktikan kredibilitasnya di lapangan, setelah ditunjuk sebagai kapten Timnas Norwegia.

Arteta juga kabarnya telah berbicara soal Odegaard dengan manajer Norwegia, Stale Solbakken. Ia merasa yakin sang pemain mampu mengambil peran serupa di level klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Arteta

“Dia (Odegaard) tentu memiliki semua kualitas untuk melakukan hal itu (menjadi kapten),” ujar Arteta pasca timnya menang 2–1 atas Brentford, dalam laga lanjutan Liga Premier beberapa waktu lalu.

“Dia adalah sosok yang baik, rendah hati, dan memimpin apa adanya. Ia juga membangkitkan harapan ketika masih berusia 16 tahun. Semua orang menginginkannya, dan ia harus mewujudkannya di klub seperti (Real) Madrid.”

“Itu sangat sulit, tetapi sekarang dia sudah menemukan tempatnya. Ia benar-benar bahagia di sini (di Arsenal). Ia punya lingkungan, pendukung, dan waktu yang bisa dinikmati di lapangan,” sambung manajer berusia 39 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Odegaard di Arsenal

Odegaard memang diketahui sempat menghabiskan paruh kedua musim lalu sebagai pemain pinjaman di Arsenal. Performanya yang menjanjikan sukses membuat pemimpin klub mempermanenkan kepindahannya dari Real Madrid.

Melansir laporan Mirror, Odegaard telah mencatatkan empat gol dan empat assist di bawah namanya sepanjang musim ini. Capaian tersebut membuat Arteta yakin kualitas Odegaard makin baik dari waktu ke waktu.

“Martin (Odegaard) sangat gembira bergabung dengan kami karena ia mendapatkan waktu yang menyenangkan, merasa dihargai, menikmati hal yang kami lakukan, (serta) membangun koneksi yang amat baik dengan para pemain dan suporter. Sejak saat itu, ia menjadi makin baik, dan saya tidak terkejut,” ungkap Arteta.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.