Sukses

Pelatih Baru Malaysia Tak Sabar Adu Taktik dengan Shin Tae-yong

Pelatih baru Timnas Malaysia, Ki Pan-gon, sudah tak sabar bersua dengan juru taktik Skuad Garuda, Shin Tae-yong, di lapangan

Liputan6.com, Jakarta Pelatih baru Timnas Malaysia Kim Pan-gon nampaknya sudah tak sabar beradu taktik dengan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di lapangan.

Dalam sesi wawancara bersama media Korea, Chosun, juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut laga antara Indonesia vs Malaysia bakal menjadi hal yang menarik untuk dinantikan.

"Pertandingan melawan Shin Tae-yong yang memimpin Timnas Indonesia juga akan menarik,” ujar Kim Pan-gon pasca penunjukkannya sebagai juru taktik baru Harimau Malaya, seperti dilansir dari Chosun.

Sayangnya, pria berusia 52 tahun itu tak bisa segera menyaksikan strategi Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya dalam kancah sepak bola Asia Tenggara. Pasalnya, Skuad Garuda baru-baru ini dinyatakan batal berlaga di Piala AFF U-23.

Badai COVID-19 menjadi alasan kuat di balik mundurnya Timnas Indonesia U-23 dari turnamen. Terdapat tujuh penggawa Merah Putih yang dikonfirmasi positif COVID-19, empat pemain berada dalam masa inkubasi, sementara tiga lainnya cedera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kim Pan-gon dan Shin Tae-yong

Kim Pan-gon sejatinya punya sejarah panjang bersama Shin Tae-yong. Keduanya pernah menjadi rekan kerja kala masih berkarier di Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Sebelumnya, mantan pemain Ulsan Hyundai ini menjabat sebagai Kepala Komite Pemilihan Pelatih KFA, sementara Shin Tae-yong menduduki kursi kepelatihan di Timnas Korea Selatan.

Kim Pan-gon bahkan dituding sebagai sosok yang mendepak Shin Tae-yong dari posisi juru taktik Taeguk Warriors usai kegagalan di Piala Dunia 2018. Paulo Bento lantas ditunjuk sebagai pelatih Timnas Korea Selatan, sementara Shin Tae-yong memutuskan hijrah ke Indonesia.

3 dari 3 halaman

Park Hang-seo

Kim Pan-gon menjadi pelatih asal Korea Selatan ketiga yang berkarier di sepak bola Asia Tenggara, setelah Park Hang-seo dan Shin Tae-yong. Posisi itu membuat eks pelatih Hong Kong ini punya peluang besar menghadapi kompatriotnya di Piala AFF edisi mendatang.

“Saya tertarik pada Piala Suzuki (AFF) sebagai kejuaraan di Asia Tenggara. (Turnamen) itu diadakan setiap dua tahun dan saya bersemangat untuk itu,” ujar Kim Pan-gon.

Meski demikian, dirinya belum yakin mampu melampui pencapaian Park Hang-seo. Pasalnya, pelatih Timnas Vietnam itu dikenal sebagai juru taktik Negeri Ginseng yang sukses di Asia Tenggara, setelah membawa The Golden Star berjaya di Piala AFF 2018.

“Pelatih Park Hang-seo memimpin Vietnam dan mengalahkan China. Banyak prestasi yang telah ia raih. Akan sulit bagi saya untuk mengatasinya, tetapi saya akan melakukan (hal itu) satu per satu. Malaysia juga punya potensi,” ujar Kim Pan-gon, dilansir dari Chosun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.