Sukses

Piala Asia Wanita 2022: Kalah dari Thailand, Timnas Putri Indonesia Siap-Siap Hadapi Filipina di Laga Terakhir

Liputan6.com, Jakarta Timnas Putri Indonesia harus bersiap melakoni laga terakhir Grup B Piala Asia Wanita 2022 kontra Filipina yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Sebelumnya, Garuda Pertiwi telah menelan dua kekalahan beruntun ketika menghadapi Australia dan Thailand di fase grup. Hasil ini membawa pasukan Merah Putih kian terpuruk di dasar klasemen sementara Grup B dengan torehan 0 poin.

Timnas Putri Indonesia sejatinya nyaris mustahil masuk ke babak gugur Piala Asia edisi ini. Ade Mustikiana dan kolega harus memenangkan duel terakhir kontra Filipina dengan skor besar, serta bergantung pada hasil pertandingan lain agar bisa lolos.

Terlepas dari kans tersebut, Pelatih Timnas Putri Indonesia Rudy Eka Priyambada menyebut anak-anak asuhnya bakal mempersiapkan diri jelang menghadapi Filipina di partai pemungkas. Ia juga berharap Garuda Pertiwi mampu bersaing di pertandingan ini.

“Mereka (Filipina) punya pemain-pemain kuat. Oleh karena itu, kami harus bersiap. Saya pikir, langkah selanjutnya adalah belajar dari pertandingan mendatang. Saya berharap para pemain dapat bersaing dengan mereka,” kata Rudy dalam konferensi pers pasca laga melawan Thailand pada Senin (24/1/2022).

2 dari 4 halaman

Indonesia di Piala Asia Wanita

Indonesia baru mencatatkan lima penampilan di Piala Asia, terakhir kali pada 1989. Adapun, prestasi terbaik yang pernah diraih Pasukan Garuda Pertiwi adalah masuk ke empat besar pada 1977 dan 1986.

Dilansir dari Liputan6.com, tim besutan Rudy Eka Priyambada harus rela mengikuti turnamen edisi ini tanpa merasakan ketatnya persaingan kompetisi, lantaran liga putri Indonesia yang terhenti sejak 2020 akibat pandemi COVID-19.

3 dari 4 halaman

Klasemen Sementara

Timnas Putri Indonesia kini berada di dasar klasemen Grup B dengan torehan 0 poin dan total kebobolan 22 gol dalam dua pertandingan terakhir. Adapun, puncak klasemen dihuni oleh unggulan utama Australia yang sukses mengemas enam poin dari dua kemenangan beruntun.

Sementara itu, peringkat dua dan tiga klasemen Grup B ditempati oleh Filipina dan Thailand. Keduanya sama-sama mengoleksi tiga poin setelah mengecap satu kemenangan dan satu kekalahan. 

4 dari 4 halaman

Infografis