Sukses

Tampil Menawan di Piala AFF 2020, 3 Pemain Timnas Indonesia Berpotensi Tinggalkan Tanah Air

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia mencuri perhatian di Piala AFF 2020. Meski gagal merebut gelar juara, Skuat Garuda yang diperkuat mayoritas pemain berusia muda tampil memukau dan berhasil melaju ke final. 

Berada di grup B, Timnas Indonesia tak terkalahkan sepanjang babak penyisihan. Pasukan Shin Tae-yong bahkan berhasil keluar sebagai juara grup dengan mengumpulkan 10 poin. Timnas Indonesia berhak berada di urutan teratas setelah unggul selisih gol dari Vietnam yang juga punya poin sama. 

Puncak penampilan timnas di Grup B adalah saat bertemu Malaysia. Melawan musuh bebuyutan, skuat Garuda menang dengan skor yang fantastis 4-1 setelah sempat tertinggal 0-1 di awal babak pertama. 

Jalan terjal kemudian mengadang di semifinal. Sempat ditahan imbang 1-1 di leg pertama, Timnas Indonesia akhirnya sukses menggenggam tiket final usai menang 4-2 melalui extra time di leg 2. 

Sayang di babak final Piala AFF 2020, Indonesia gagal melewati adangan Thailand. Gajah Perah berhasil keluar sebagai juara setelah menang 4-0 di leg pertama dan bermain 0-0 pada leg kedua. 

 

2 dari 6 halaman

Dilirik Klub Luar Negeri

Meski kembali menjadi runner up, performa skuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020 tenyata telah menyita perhatian banyak pihak. Penampilan sejumlah pemain Skuat Garuda bahkan mampu memikat hati klub-klub yang berlaga di luar negeri. Siapa saja? Simak daftarnya pada halaman selanjutnya. 

3 dari 6 halaman

Pratama Arhan

Satu nama yang ramai menjadi perbincangan di Piala AFF 2020 adalah Pratama Arhan. Pemain PSIS Semarang itu mencuri perhatian lewat ketangguhannya di sisi kiri pertahanan timnas Indonesia. Tidak hanya kuat menghalau gempuran lawan, Arhan juga rajin membantu lini depan skuat Garuda. 

Tendangannya yang akurat juga sangat merepotkan lawan. Arhan juga dikenal memiliki lemparan ke dalam yang cukup jauh dan kerap langsung mengancam hingga ke jantung pertahanan lawan.  

Selain pernah terpilih sebagai man of the match di babak penyisihan, Arhan belakangan juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. 

Beberapa klub asal Korea Selatan belakangan dikabarkan kembali melirik Arhan, seperti dilansir dari Footballist.co.kr. "Berbagai klub K-League menunjukkan minatnya buat bek kiri Indonesia, Arhan. Jika Arhan ke K-League, akan ada dua pemain Indonesia yang akan main di Korea pada musim 2022." 

Sebelumnya, pemain asal Blora tersebut sempat dikaitkan dengan salah satu mantan klub Shin Tae-yong, Seongnam FC, yang bermain di kasta pertama K-League. Adapun Daejon Hana Citizen, klub kasta kedua Liga Korea Selatan, dikabarkan turut meminati Pratama Arhan.

Adanya Minat klub K-League kepada Pratama Arhan sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu, tapi tidak terjadi karena memudarnya minat klub. (simak berita selengkapnya pada tautan ini).

4 dari 6 halaman

Alfeandra Dewangga

Masih dari barisan belakang timnas Indonesia, satu nama lagi yang digadang-gadang telah mencuri perhatian klub luar negeri adalah Alfeandra Dewangga. Kabar ini pertama kali disampaikan jurnalis asal Australia yang meliputan Liga Korea Selatan, Ryan Walters. Menurut Walters, Dewa dilirik oleh Jeonnam Dragons yang berlaga di K-League 2 atau divisi kedua liga sepak bola Korea Selatan. 

 

5 dari 6 halaman

Ricky Kambuaya

Satu nama yang juga menjadi sorotan pada Piala AFF 2020 adalah Ricky Kambuaya. Pemain Persebaya Surabaya itu merupakan satu dari sedikit nama yang tak tergantikan di starting line up timnas. 

Di babak final, leg kedua, Ricky keluar sebagai man of the match. Itu tidak lepas dari penampilan menawan Ricky saat bertemu Timnas Thailand di Stadion Nasional, Singapura. Ricky menjadi pencetak gol pertama timnas Indonesia ke gawang Thailand. Sayang duel harus berakhir dengan skor 2-2. 

Permainan Ricky ternyata ikut memikat minat klub dari luar negeri. Namun hingga saat ini belum ada informasi lebih rinci terkait klub yang tertarik mendatangkan pemain 25 tahun itu. 

6 dari 6 halaman

Bukan Fenomena Baru

Memperkuat klub-klub luar negeri sebenarnya bukanlah fenomena baru bagi pemain timnas Indonesia. Setidaknya, lima pemain yang berlaga di Piala AFF 2020 masih bermain di klub luar negeri. 

Mereka adalah Witan Sulaiman, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, dan Syahrian Abimanyu. Tiga pemain berlaga di liga Eropa, yakni Witan dan Egy. Witan memperkuat  Lechia Gdanks (Polandia), Egy di FK Senica (Slowakia), dan Baggott bermain bersama klub Liga Inggris, Ipwich Town.

Asnawi bermain di klub Korea Selatan, Ansan Greeners. Sementara Syahrian memperkuat tim Malaysia, Johor Darul Ta'zim.