Sukses

Finis Sebagai Runner-up, Shin Tae-yong Bidik Gelar Juara Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya mampu bersaing memperebutkan gelar juara di Piala AFF 2022

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia harus puas finis di posisi kedua Piala AFF 2020. Hasil itu diraih usai Skuat Garuda kalah agregat 6–2 dari Timnas Thailand.

Dalam pertandingan leg pertama yang berlangsung di National Stadium, Singapura, pada Rabu (29/12/2021), Asnawi Mangkualam cs kalah telak 0–4 dari Tim Gajah Perang. Skuad Garuda sukses memulai laga dengan apik di leg kedua.

Namun, upaya tersebut belum cukup untuk mengantarkan Indonesia meraih gelar Piala AFF perdananya. Pasukan Merah Putih hanya mampu bermain imbang 2–2 hingga akhir leg penentu dan keluar sebagai runner-up.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui bahwa anak-anak asuhnya masih sangat muda. Meski demikian ia optimistis Skuad Garuda bakal mampu bersaing memperebutkan gelar Piala AFF edisi berikutnya.

“Piala AFF 2020 akan menjadi landasan bagi Indonesia untuk membidik tujuan baru pada 2022. Kami akan bersiap menjadi salah satu kandidat yang bersaing untuk memperebutkan (gelar) juara Piala AFF berikutnya,” ujar Shin Tae-yong seperti dilansir dari Zing News.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurang Pengalaman

Di sisi lain, Shin Tae-yong juga menyebut Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 kurang berpengalaman. Hal ini terlihat kala melakoni dua leg final kontra Thailand. Meski bermain bagus di leg kedua, Indonesia harus menelan empat gol tanpa balas pada leg perdana.

“Di leg pertama, kami kurang beruntung karena para pemain muda berada di bawah tekanan. Namun dalam pertandingan ini (leg kedua), mereka percaya diri. Mereka bermain dengan berani. Meski tak bisa mengalahkan Thailand, hasil ini tetap membuat saya puas,” kata pelatih asal Korea Selatan tersebut, mengutip Zing News.

“Kurangnya pengalaman pemain muda telah terbukti dalam pertandingan besar seperti di dua (leg) final. Skuad ini harus terus mengakumulasikan pengalaman di lapangan. Kami akan lebih siap untuk memenangkan Piala AFF di masa depan,” sambung Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Pertandingan Leg Kedua

Timnas Indonesia membuka leg kedua dengan apik. Anak-anak asuh Shin Tae-yong unggul lebih dulu berkat gol dari Ricky Kambuaya di menit ke-7. Skor 1–0 untuk keunggulan Skuad Garuda bertahan hingga turun minum.

Sayangnya, Timnas Indonesia kembali kesulitan menahan serangan Thailand. Dua gol cepat yang dilancarkan oleh Adisak Kraisorn (54'), dan Sarach Yooyen (56') seolah menumbangkan asa Indonesia untuk merebut gelar edisi ini.

Egy Maulana Vikri sempat mencetak gol hiburan di menit ke-80. Skor bertahan imbang 2–2 hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Hasil ini membawa Timnas Thailand merebut gelar Piala AFF keenamnya.

“Kami akan memastikan belajar dari kesalahan ini untuk turnamen yang akan datang,” kata Pelatih Shin Tae-yong pasca pertandingan, seperti dilansir dari Liputan6.com.

"Jika kami bisa belajar dari pengalaman ini, kami tak akan lagi menjadi kuda hitam tetapi calon juara. Kami akan memastikan cara yang tepat untuk mewujudkannya," ujarnya menambahkan.

 

Penulis: Melinda Indrasari

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.