Sukses

Timnas Indonesia Kalah di Leg 1 Final Piala AFF 2020, Asisten Pelatih Vietnam Komentari Skuat Garuda

Asisten pelatih Timnas Vietnam membagikan pandangannya usai menyaksikan kekalahan Skuad Garuda di leg pertama final Piala AFF 2020 kontra Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten pelatih Timnas Vietnam Le Huy Khoa menyampaikan pendapatnya usai menyaksikan laga leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021).

Skuad Garuda harus rela menelan kekalahan telak dari anak asuh Alexandre Polking. Kebobolan sejak menit-menit awal, Asnawi Mangkualam cs gagal membalas empat gol yang dicetak Thailand hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Melansir TheThao247, Le Huy Khoa mengunggah artikel di laman pribadinya yang berisi komentar seputar laga tersebut. Ia merasa tak nyaman menyaksikan pertandingan dan menilai Timnas Indonesia hanya mampu bermain kasar.

“Menonton final (Piala AFF 2020 leg pertama) sama sekali tidak nyaman (menyenangkan). Skor 4–0 untuk Thailand. Sangat disayangkan bagi Vietnam, tetapi semoga sepak bola Asia Tenggara bisa berkembang bersama,” ujarnya seperti dikutip dari TheThao247.

Indonesia menyerah, mereka hanya bisa bermain keras. Tidak ada yang lebih baik. Jujur, saat ini hanya Vietnam yang cukup kuat untuk bermain setara dengan Thailand, atau menyulitkan mereka,” sambung Le Huy Khoa.

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fase Grup

Vietnam sejatinya sempat bersua dengan Indonesia di fase penyisihan grup B. Dalam laga yang berlangsung di Bishan Stadium pada Rabu (15/12/2021), Skuad Garuda sukses menahan imbang The Golden Star dengan 0–0.

Menang 4–1 kala menghadapi Malaysia, Timnas Indonesia keluar sebagai juara grup, mengungguli Vietnam yang kalah dalam hal produktivitas gol. Hasil ini membuat Vietnam harus berjumpa dengan Thailand hingga akhirnya kalah di babak semifinal.

3 dari 3 halaman

Leg Kedua

Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya bakal menghadapi leg kedua final Piala AFF 2020 pada Sabtu (1/1/2022) di National Stadium, Singapura. Laga ini bakal menjadi penentu tim yang berhak naik ke podium juara serta mengangkat trofi Piala AFF.

Shin Tae-yong mengakui anak-anak asuhnya memang butuh tambahan poin cukup banyak untuk bisa membalikkan keadaan. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan ini optimistis pasukan Merah Putih dapat meraih hasil positif di leg kedua.

“Thailand adalah tim hebat dan (dalam) pertandingan besok, (kami) tetap akan melawan tim yang berat. Akan tetapi, pikiran saya dan para pemain sama, bahwa besok (kami) pasti bisa mendapatkan kemenangan,” ujar Shin Tae-yong kepada awak media pada Jumat (31/12/2021).

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman
    Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman

    Timnas Thailand

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)
    Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)

    Final Piala AFF 2020

  • Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia
    Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia

    Indonesia vs Thailand