Sukses

Menang Besar di Leg 1 Final Piala AFF 2020, Polking: Kami Merasa Sedikit Lebih Bebas

Pelatih Thailand Alexandre Polking merasa sedikit lebih bebas dan bisa bermain dengan cara yang disukai, jelang menghadapi leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking mengaku ia dan skuadnya merasa sedikit lebih bebas jelang hadapi leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Timnas Indonesia, yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Dihelat di National Stadium, Singapura, pertandingan tersebut bakal menjadi laga penentu bagi tim yang berhak naik ke podium juara serta mengangkat trofi Piala AFF 2020.

Tim Gajah Perang diketahui menang besar atas Skuad Garuda dengan mengemas empat gol tanpa balas di leg pertama. Capaian ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Timnas Thailand yang berniat memulangkan trofi Piala AFF ke Negeri Gajah Putih.

“Dengan hasil bagus dari leg pertama, kami merasa sedikit lebih bebas dan bisa bermain dengan cara yang kami suka. Saya tidak melihat alasan untuk mengubahnya. Yang paling penting adalah memperjelas lagi bahwa itu (turnamen) masih belum berakhir,” ujar Polking seperti dikutip dari situs resmi AFF Suzuki Cup.

“Kami perlu menampilkan performa yang kami bisa, dan kemudian merayakannya setelah itu. Namun, ini masih belum berakhir dan kami perlu melangkah (ke leg kedua) dengan perasaan lapar yang sama, seperti yang kami miliki sepanjang turnamen,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Statistik Pertandingan

Ditilik dari statistik pertandingan leg pertama, Tim Gajah Perang memang unggul dibanding Skuad Garuda. Indonesia hanya memiliki 33,4 persen penguasaan bola, sementara anak-anak asuh Mano Polking sanggup meraih 66,6 persen ball possession.

Dalam hal serangan, Timnas Thailand juga memiliki catatan lebih apik ketimbang Indonesia. Mereka sukses melepas 9 kali tendangan ke arah gawang, melampaui Skuad Garuda yang hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran.

3 dari 4 halaman

Masa Depan Polking

Sayangnya, masa depan Polking di Timnas Thailand masih tak pasti. Dikutip dari situs resmi AFF Suzuki Cup, pelatih berdarah Brasil-Jerman ini menegaskan, belum ada pembicaraan terkait perpanjangan kontrak dengan Tim Gajah Perang. Meski demikian, ia mengaku ingin menjadi bagian dari masa depan sepak bola Thailand.

“Tidak, belum ada pembicaraan (terkait perpanjangan) untuk saat ini, karena kami semua benar-benar fokus menyelesaikan pekerjaan (di Piala AFF 2020),” ujar pelatih berusia 45 tahun itu.

“Jika kita ingin tetap menjadi negara nomor satu di Asia Tenggara, penting untuk memiliki kesinambungan. Saya berharap bisa menjadi bagian dari hal itu, karena saya bisa menyaksikan masa depan hebat dengan generasi yang baik telah muncul di level U-23,” sambungnya.

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia

Di sisi lain, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menampik anak-anak asuhnya butuh tambahan poin cukup banyak untuk bisa membalikkan keadaan. Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan ini optimistis pasukan Merah Putih dapat meraih hasil positif di leg kedua.

“Thailand adalah tim hebat dan (dalam) pertandingan besok, (kami) tetap akan melawan tim yang berat. Namun, pikiran saya dan para pemain sama, bahwa besok (kami) pasti bisa mendapatkan kemenangan,” ujar Shin Tae-yong kepada awak media pada Jumat (31/12/2021).

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman
    Tim Nasional Thailand berisikan pemain sepak bola profesional dengan segudang pengalaman

    Timnas Thailand

  • Alexandre Polking adalah pelatih asal Brasil yang baru-baru ini menahkodai Timnas Thailand. Tepatnya pada bulan September 2021
    Alexandre Polking adalah pelatih asal Brasil yang baru-baru ini menahkodai Timnas Thailand. Tepatnya pada bulan September 2021

    Alexandre Polking

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)
    Final Piala AFF 2020 antara tim nasional Indonesia vs Thailand dilangsungkan pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022)

    Final Piala AFF 2020

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia
    Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia

    Indonesia vs Thailand