Sukses

Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Timnas Indonesia di Piala AFF

Siapakah yang menjadi pemain tersubur Indonesia di ajang Piala AFF. Kebetulan ada empat pemain Indonesia pernah jadi top skor.

Liputan6.com, Jakarta- Piala AFF 2020 melangsungkan leg pertama final nanti malam, Rabu (29/12/2021). Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di partai puncak yang berlangsung dua kali di National Stadium Singapura.

Sepanjang sejarah Piala AFF, Indonesia belum pernah menjadi juara. Prestasi terbaik Merah-Putih hanyalah finalis sebanyak lima kali.

Meski belum pernah juara, Indonesia merupakan salah satu tim yang paling disegani di Piala AFF. Apalagi bicara produktivitas. Indonesia kerap menempatkan pemain sebagai top skor ajang dua tahunan ini.

Sudah empat kali pemain Indonesia menjadi top skor Piala AFF. Gendut Doni Christiawan menjadi orang pertama yang meraih Sepatu Emas pada tahun 2000 dengan koleksi lima gol bersama pemain Thailand Worrawoot Srimaka.

Kemudian di tahun 2000, Bambang Pamungkas sendirian merebut Sepatu Emas Piala AFF berkat gelontoran delapan gol. Dua tahun kemdian menyusul Ilham Jaya Kesuma dengan tujuh gol.

Pemain Indonesia terakhir yang menjadi top skor adalah Budi Sudarsono di Piala AFF 2008 dengan empat gol. Ketika itu Budi harus berbagi gelar dengan Agus Casmir (Singapura) dan Teerasil Dangda (Thailand).

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurniawan

Secara keseluruhan, pemain Indonesia tersubur sepanjang sejarah Piala AFF justru dipegang pemain yang tak pernah menjadi top skor yakni Kurniawan Dwi Julianto.

Si kurus total membuat 13 gol selama membela Indonesia di Piala AFF. Bambang Pamungkas sendiri membukukan total 12 gol selama ikut Piala AFF.

3 dari 3 halaman

Dangda

Teerasil Dangda menjadi pemain tertajam sepanjang masa di Piala AFF. Dangda total membuat 19 gol, empat diantaranya dibuat pada Piala AFF 2020 ini.

Sebelum Piala AFF 2020 dimulai, striker Singapura Noh Alam Shah yang memegang rekor pemain tersubur sepanjang masa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.