Sukses

Prestasi Timnas Indonesia di Piala AFF: 9 Semifinal, 6 Final, dan Belum Pernah Juara

Timnas Indonesia kembali berhadapan dengan Timnas Thailand pada final Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil menembus babak final Piala AFF 2020. Ini merupakan kali keenam, Skuat Garuda berjarak selangkah lagi dari trofi juara turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara itu. Sayang dalam lima final sebelumnya, Indonesia selalu kandas dan harus puas sebagai runner up.

Sebenarnya, perjalanan timnas Indonesia di Piala AFF tidak terlalu buruk. Dari 12 edisi yang sudah berlangsung sejak 1996, Tim Merah Putih setidaknya sudah sembilan kali berhasil melewati babak penyisihan grup, yakni pada tahun 1996, 1998, 2000, 2002, 2004, 2008, 2010, 2016, dan 2020.

Dari seluruh fase knock out ini, hanya tiga yang gagal berlanjut ke final. Pada tahun 1996, langkah Indonesia ke final terhenti oleh Malaysia dengan skor 1-3 Turnamen yang masih bernama Piala Tiger itu masih memperebutkan tempat ketiga, tapi Indonesia juga gagal setelah kalah 2-3 dari Vietnam.

Timnas Indonesia baru berhasil merebut gelar hiburan pada edisi 1998. Setelah kalah 1-2 dari Singapura di semifinal, timnas akhirnya berhak atas tempat ketiga usai menang 5-4 atas Thailand.

Ini menjadi gelar hiburan terakhir yang berhasil diboyong Timnas Indonesia dari ajang Piala AFF. Sebab kegagalan di semifinal pada edisi 2008, tidak lagi dilanjutkan dengan perebutan tempat ketiga. Saat itu, semifinal juga sudah berlangsung sebanyak 2 leg di mana Timnas Indonesia yang ditangani Benny Dolo kalah 0-1 di Stadion Utama Bung Karno, lalu menyerah 1-2 saat tampil pada laga kedua.

 

    

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 Kali Kandas oleh Thailand

Sementara itu, dari lima babak final yang dilalui timnas Indonesia di Piala AFF, tiga di antaranya kandas di tangan Thailand. Tahun 2000 menjadi awal rivalitas Timnas Indonesia Vs Thailand di final Piala AFF.

Kala itu, Indonesia yang diperkuat pemain-pemain terbaik Tanah Air kalah 1-4 di Stadion Rajamangga, Bangkok, Thailand. Tidak seperti sekarang, pertarungan masih berlangsung satu leg saja. 

Dua tahun berselang, timnas Indonesia kembali bertemu Thailand di babak final Piala AFF 2002. Namun kali ini pertarungan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Pertarungan berjalan dramatis. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah sempat tertinggal dua gol di babak pertama. Sayang trofi Piala AFF tetap gagal dibawa pulang karena di babak adu penalti, Skuat Garuda harus menelan kekalahan dengan skor 2-4.

Timnas Indonesia sebenarnya masih melaju ke final pada Piala AFF 2004. Hanya saja, musuh yang dihadapi berbeda dari dua edisi sebelumnya. Kali ini, Skuat Garuda harus bertemu timnas Singapura.

Pertandingan berlangsung dua kali. Pada leg pertama, Indonesia kalah 1-3 di GBK. Sementara pada leg kedua juga menyerah dengan skor 1-2. Singapura pun keluar sebagai juara dengan agregat 5-2.

 

3 dari 5 halaman

Final AFF 2016

Butuh enam tahun bagi Indonesia untuk kembali merasakan babak final turnamen antarnegara se-Asia Tenggara itu. Sayang, hasilnya juga belum jauh berbeda dari empat edisi final sebelumnya.

Tampil memukau sejak babak penyisihan, Timnas Indonesia akhirnya menyerah kepada Malaysia. Di babak final, Indonesia yang sempat mencukur Negeri Jiran 5-1 di babak pertama harus kalah 0-3 di leg pertama yang berlangsung di Bukit Jalil. Sementara di leg kedua, Indonesia hanya menang skor 2-1.

Enam tahun kemudian Timnas Indonesia kembali bertemu Thailand pada final Piala AFF 2016.

Harapan untuk mengangkat trofi terbuka lebar setelah di leg pertama yang berlangsung di Pakansari, Bogor, Indonesia berhasil menang dengan skor 2-1. Dengan kemenangan ini, hasil imbang di leg kedua sudah cukup untuk mengantar Skuat Garuda mengakhiri paceklik gelarnya di ajang Piala AFF.

Sayang, pada pertandingan yang berlangsung di Rajamanggala Stadium, Indonesia menyerah 0-2. Timnas Indonesia yang saat itu masih ditangani Alfred Riedl gagal juara setelah kalah agregat 2-3.

 

4 dari 5 halaman

Kembali Bertemu di Piala AFF 2020

Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia kembali bertemu timnas Thailand. Keduanya berstatus sebagai juara grup. Indonesia lolos setelah menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3, sementara timnas Thailand mendepak sang juara bertahan Vietnam dengan agregat 2-0. 

Pertarungan bakal berlangsung dua kali. Seluruhnya digelar di Stadion Nasional, Singapura. 

Leg pertama berlangsung pada 29 Desember 2021 dan leg kedua digelar dua hari kemudian. 

 

5 dari 5 halaman

Jalan Terjal di Semifinal

Perjalanan Timnas Indonesia menuju babak final Piala AFF 2020 tidak mudah. Setelah keluar sebagai juara grup B, pasukan Shin Tae-yong mendapat perlawanan sengit dari tuan rumah Singapura.

Di leg pertama, tuan rumah sukses memaksa Timnas Indonesia bermain imbang 1-1. Sementara di leg kedua, Singapura juga memberi perlawanan yang tak kalah sengit sebelum akhirnya menyerah 2-4.

Dalam duel ini, Singapura harus bermain dengan 9 pemain sepanjang babak normal. Dua pemainnya, yakni Safuwan Baharaddin dan Ikshan Fandi diganjar kartu merah pada menit 45 dan 67. Namun Singapura justru mampu menahan Indonesia 2-2 dan memaksa perpanjangan waktu. Singapura bahkan bisa saja mengalahkan Indonesia bila penalti Faris Ramli tidak digagalkan Nadeo Argawinata.

Sebelumnya, gol timnas Indonesia diciptakan Ezra Walian (11') dan Pratam Arhan (87'). Sementara, gol timnas Singapura dilesakkan Song Ui-Young (45') dan Shahdan Sulaiman (74').

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia akhirnya sukses menambah dua gol lagi, yakni lewat bunuh diri Shawal Anuar (91') dan Egy Maulana Vikri (105). Singapura semakin tidak berdaya setelah kiper Hassan Sunny kembali mendapat kartu merah menit 119 demi menggagalkan serangan Irfan Jaya.

Skor 4-2 bertahan hingga babak perpanjangan waktu berakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.