Sukses

Shin Tae-yong Akui Kualitas Timnas Thailand Jelang Final Piala AFF 2020

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui kualitas apik yang ditunjukkan Timnas Thailand sepanjang pelaksanaan Piala AFF 2020

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui kualitas permainan Timnas Thailand di Piala AFF 2020. Menurutnya, skuad asuhan Alexandre Polking merupakan lawan tangguh dengan banyak permain berkualitas.

“Secara keseluruhan, Timnas Thailand cukup kuat, dengan banyak pemain berkualitas baik. Saya tidak melihat atau mendengar hal negatif terkait kualitas pemain di dalam tim,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual jelang final Piala AFF 2020, Selasa (28/12/2021).

Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan tersebut tak mau ambil pusing memprediksi gaya permainan Thailand kala berhadapan dengan Skuad Garuda. Pasalnya, segala hal dapat terjadi di lapangan.

“Sepak bola itu bundar, jadi saya tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi (di laga final). Hal itu bakal terlihat di dalam stadion nanti. Tidak bisa dijelaskan taktiknya seperti apa di sini, tetapi yang pasti, Thailand adalah tim baik,” sambungnya.

Anak asuh Shin Tae-yong dijadwalkan berhadapan dengan Tim Gajah Perang di final Piala AFF 2020 yang berlangsung Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022). Laga ini menjadi kali keempat Skuad Garuda bersua dengan wakil Negeri Gajah Putih di partai puncak turnamen sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara.

 

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan

Thailand dan Indonesia sebelumnya sempat berhadapan di final Piala AFF edisi 2000, 2002, dan 2004. Dari tiga pertemuan tersebut, seluruh pertandingan dimenangkan oleh Tim Gajah Perang.

Pada final Piala AFF 2000, Thailand berhasil menumbangkan Skuad Garuda dengan skor akhir 4–1. Momen serupa kembali terulang di Piala AFF edisi 2002 Dipaksa bermain imbang hingga perpanjangan waktu, Thailand membuktikan kemapanannya dengan menang 4–2 atas Timnas Indonesia lewat adu penalti.

Empat belas tahun berselang, Thailand kembali berjumpa dengan Indonesia di babak final Piala AFF 2016. Kalah 2–1 pada leg pertama, Tim Gajah Perang membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol di leg kedua hingga menang agregat 3–2 atas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Thailand di Piala AFF

Thailand hingga kini masih menyandang predikat sebagai tim dengan koleksi trofi terbanyak di Piala AFF. Tim Gajah Perang tercatat telah delapan kali menembus final, dengan lima di antaranya berbuah gelar.

Tahun ini, skuad yang ditukangi oleh Alexandre Polking kembali mengukuhkan dominasinya di kancah sepak bola Asia Tenggara dengan mengalahkan salah satu tim unggulan, yakni Vietnam, di semifinal.

Meski demikian, Tim Gajah Perang masih kalah tajam dibanding Skuad Garuda dari segi produktivitas gol. Pasukan Mano Polking baru mengoleksi 12 gol di Piala AFF edisi ini, terpaut enam angka dari Timnas Indonesia yang telah mencetak 18 gol dari enam pertandingan.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.