Sukses

Timnas Indonesia Tampil Memukau di Piala AFF 2020, Menpora Zainudin Amali Optimistis Tatap SEA Games 2022

Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak final Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia tampil memukau di ajang Piala AFF 2020. Keberhasilan melaju hingga ke babak final turnamen dua tahunan itu juga ikut membangkitkan rasa optimisme Menpora RI, Zainudin Amali. 

Seperti dilansir dari situs resmi Kemenpora, Amali bercerita kalau tim yang berlaga di Piala AFF 2020 merupakan pemain yang dipersiapkan tampil di FIFA World Cup U-20 yang seharusnya berlangsung di Indonesia tahun 2021 dan SEA Games 2020 di Vietnam. Namun pandemi virus Corona COVID-19 yang melanda dunia dua tahun terakhir memaksa kedua hajatan tersebut ditunda. FIFA World Cup U-20 akhirnya diundur ke tahun 2023 dan Sementara SEA Games digeser hingga ke tahun 2022.

"Timnas ini kita persiapkan untuk SEA Games. Sehingga mereka sudah dapat pengalaman terlebih dahulu bertemu dengan negara-negara di Asia Tenggara karena SEA Games ada batas maksimal usia. Negara lain belum tentu semua timnya akan turun karena rata-rata pemain senior," ujar Menpora Amali usai menjadi narasumber dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2021 TVRI, Minggu (26/12) malam.

Menpora Amali optimistis pada SEA Games 2022 di Vietnam nanti cabang Sepakbola akan meraih prestasi. Apalagi saat ini tim Indonesia sudah lolos ke babak final dan akan menghadapi Thailand.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Dianggap Remeh

"Awalnya timnas ini diremehkan oleh beberapa negara, diremehkan bahwa ini anak-anak muda, Indonesia turun dengan tim yang masih muda, tentu belum punya pengalaman tapi semangat mereka luar biasa. Dan jangan lupa tangan coach Shin Tae-yong," ucapnya.

Menpora Amali pun berharap tim nasional Indonesia tetap bersemangat dan meraih kemenangan dalam laga final di Piala AFF nanti untuk membuktikan bahwa skuad muda bisa meraih juara.

"Anak-anak harus semangat dan membuktikan bahwa kita akan bisa menjawab semua keraguan orang termasuk harapan dari publik dalam negeri," harapnya.

 

3 dari 3 halaman

Hadapi Thailand

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua. Pada leg pertama Indonesia dan Singapura hanya bermain imbang dengan skor 1-1.

Indonesia akan menghadapi Thailand di final Piala AFF 2020. Thailand lolos usai menyingkirkan juara bertahan Vietnam. Pada leg pertama, Thailand menang 2-0 dan di leg kedua bermain imbang 0-0.Laga final Indonesia vs Thailand berlangsung dua leg, yakni pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.