Sukses

Tembus ke Final Piala AFF 2020, Pelatih Thailand: Kami Juga Bisa Main Bertahan

Pelatih Timnas Thailand menegaskan timnya juga bisa bermain bertahan usai menahan imbang Vietnam 0-0 di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Hasil ini membawa Tim Gajah Perang melangkah ke dan bersua dengan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Timnas Thailand sukses melaju ke babak final Piala AFF 2020 usai menang agregat atas Vietnam di semifinal. Tim Gajah Perang berhasil mengemas dua gol pada leg pertama serta menahan imbang skuad asuhan Park Hang-seo di leg kedua.

Thailand memang diketahui tampil solid dan defensif dalam laga leg kedua kontra Vietnam di National Stadium, Singapura, pada Minggu (26/12/2021). Padahal sebelumnya, wakil Negeri Gajah Putih kerap dikenal dengan permainannya yang menyerang.

“Saya dikenal sebagai pelatih menyerang, tetapi hari ini (hari pertandingan kemarin), kami menunjukkan bahwa tim kami bagus dalam bertahan,” kata Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking, seperti dikutip dari media Thailand SiamSport.

“Sebelum turnamen dimulai, kami tak punya banyak waktu seperti tim lain untuk (melakukan) pelatihan taktik atau sistem bermain yang kami inginkan. Jika punya lebih banyak waktu, kami (bisa tampil) lebih baik dari itu,” sambungnya.

Berkat gaya bertahan yang ditampilkannya, pelatih yang acap kali disebut Mano Polking ini sukses mengantar anak-anak asuhnya menjaga keunggulan dari leg pertama, serta menang agregat 2–0 atas The Golden Star.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangga pada Pemain

Di sisi lain, Mano Polking juga mengaku bangga pada pemain Timnas Thailand. Baginya, capaian tersebut merupakan kemenangan besar bagi Tim Gajah Perang.

“Saya sangat senang dan bangga pada semua pemain di tim. Itu adalah kemenangan besar. Kami seharusnya bisa bermain lebih baik, (memiliki) penguasaan bola yang lebih baik, tetapi pada akhirnya, kami mencapai final,” ujar Polking.

“Hari ini (kami menampilkan) permainan yang bagus dengan cara kami sendiri. Kami saling membantu dalam bertahan, bekerja sebagai tim, dan menerima tekanan dari Vietnam dengan sangat baik,” pungkas sang pelatih.

3 dari 3 halaman

Final Kontra Indonesia

Thailand selanjutnya akan menghadapi babak final kontra Indonesia yang berlangsung dalam dua leg pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) di National Stadium, Singapura.

Pertandingan tersebut akan menjadi laga ulangan dari final Piala AFF 2016. Kala itu, harapan Skuad Garuda untuk meraih gelar perdananya dipatahkan oleh Tim Gajah Perang usai kalah agregat dengan skor 2–3.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.