Sukses

Timnas Indonesia Libas Singapura di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong: Kami Pergi ke Surga dan Neraka

Sempat memimpin dan tertinggal, Timnas Indonesia akhirnya menang 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Singapura - Timnas Indonesia menang dramatis atas Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Sempat meminpin dan tertinggal serta diwarnai tiga kartu merah, skuat Garuda akhirnya menang 4-2.

Hasil ini mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF lantaran unggul agregat 5-3 atas Singapura. Pada leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1.

Bermain di Singapura Stadium, Rabu (25/12/2021) malam WIB, Timnas Indonesia unggul terlebih dahulu pada menit ke-11 lewat Ezra Walian. Song Ui-young menyamakan skor pada menit ke-45+4 walau Singapura bermain dengan 10 pemain karena Safuwan Baharudin menerima dua kartu kuning.

Singapura kembali kehilangan satu pemainnya pada babak kedua setelah Irfan Fandi diganjar kartu merah. Tetapi dengan sembilan pemain, The Lions berbalik unggul di menit ke-74 lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman.

Pasukan Shin Tae-yong mencetak gol balasan di menit ke-87 setelah Pratama Arhan memanfaatkan bola muntah di kotak penalti. Singapura sebenarnya berpeluang untuk memenangkan laga ini, tetapi sepakan penalti Faris Ramli bisa diblok kiper Nadeo Argawinata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perpanjangan waktu

Skor 2-2 membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Timnas Indonesia kemudian mencetak dua gol lagi melalui gol bunuh diri Shawal Anuar di menit ke-91 dan Egy Maulana Vikri pada menit ke-105+2. Skor 4-2 untuk kemenangan skuat Garuda bertahan hingga laga usai.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyebut kemenangan di hari Natal sebagai pertandingan di mana pemainnya pergi ke 'surga dan neraka'. "Kedua tim berjuang sangat keras dan kami benar-benar pergi dari surga ke neraka dalam pertandingan," kata juru taktik asal Korea Selatan itu usai pertandingan seperti dikutip dari situs resmi Piala AFF 2020.

"Kami adalah tim yang relatif muda dan ketika memiliki keuntungan. Kami perlu belajar bagaimana bermain dengan tenang, sehingga kami harus mencoba untuk meningkatkan dari sini," pungkas Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

Tunggu lawan

Timnas Indonesia masih menunggu lawan di final. Skuat Garuda menunggu pemenang laga Thailand melawan Vietnam yang baru dimainkan Minggu (26/12/2021). Pada semifinal leg pertama, Thailand menang 2-0.

Adapun laga final akan berlangsung dua leg, yakni 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Pertandingan akan di National Stadium, Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.