Sukses

Prediksi Formasi Timnas Indonesia vs Singapura Jika Egy Maulana Tampil di Semifinal Kedua Piala AFF 2020

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berbicara soal kemungkinannya memainkan Egy Maulana Vikri melawan Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus puas bermain imbang kala bersua Singapura pada semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12/21). Skor pertandingan berakhir 1-1.

Timnas Indonesia mampu unggul lebih dulu di babak pertama melalui kaki Witan Sulaeman. Pada menit ke-28, dia memanfaatkan umpan tarik Asnawi Mangkualam menjadi gol.

Namun sayang, Singapura yang memberi tekanan di babak kedua menyamakan skor melalui sepakan Ikhsan Fandi pada menit ke-70. Hingga akhirnya, skor imbang bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berbicara soal kemungkina memainkan Egy Maulana Vikri pada leg kedua. Namun, pelatih asal Korea Selatan tersebut ingin memastikan kondisi pemain berusia 21 tahun itu terlebih dahulu.

"Egy Maulana Vikri mungkin akan main pada leg kedua, tapi masih harus dilihat lagi kondisinya, juga pemain lainnya di skuad, baru setelah itu saya bisa memutuskan," ujar Shin Tae-yong.

Adapun leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara  Timnas Indonesia melawan Singapura akan digelar pada Sabtu 25 Desember 2021. Kesempatan bagi Skuad Garuda untuk memperbaiki kekurangan agar mampu lolos ke final Piala AFF 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Posisi Apabila Egy Dimainkan

Sebelumnya, Egy yang telah tiba di Singapura pada Selasa, 21 Desember 2021 harus diistirahatkan oleh Shin Tae-yong pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Keputusan itu diambil untuk mengembalikan kondisi Egy agar lebih fit sepulangnya dari Slovakia.

Pemain yang berkarier di Slovakia bersama FK Senica itu memang memiliki kecepatan yang bagus kala dirinya bermain bersama Timnas Indonesia. Seringkali bermain pada posisi sayap kanan, dirinya kerap kali piawai dalam melepaskan umpan ke daerah pertahanan lawan.

Terkadang, Egy juga turun untuk membantu pertahanan Timnas Indonesia dari sisi sayap. Jika nantinya Egy mendapatkan peran sebagai pemain sayap, Shin Tae-yong bisa memainkan Witan di sisi sebaliknya atau sebagai gelandang serang.

Selain itu, pemain berusia 21 tahun tersebut juga bisa dimainkan pada posisi gelandang serang atau second striker. Di posisi itu, kehadiran Egy diharapkan mampu menjadi otak serangan Timnas Indonesia untuk mengacak-acak pertahanan lawan atau bahkan mencetak gol.

Opsi lainnya adalah menjadi ujung tombak atau striker. Melihat kondisi striker Timnas Indonesia yang sejauh ini belum menunjukan ketajamannya, tidak ada salahnya Shin Tae-yong mencoba Egy sebagai seorang striker, setidaknya second striker atau penyerang lubang.

Walau bukan pilihan utamanya, Egy memiliki kemampuan sangat baik dalam mencetak gol. Jika dimainkan menjadi striker, bukan tidak mungkin dirinya dapat menjadi solusi dari kurang tajamnya lini depan atau ujung tombak Timnas Indonesia.

 

3 dari 5 halaman

Formasi 4-1-4-1?

Juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong diprediksi kembali mengandalkan formasi 4-1-4-1 untuk mengincar kemenangan saat bersua Singapura pada semifinal leg kedua Piala AFF 2020, Sabtu, 25 Desember 2021.

Pada formasi ini, Nadeo Argawinata bakal kembali dipercaya sebagai penjaga gawang, menyisihkan Ernando Sutaryadi dan Muhammad Riyandi. Dia mampu menunjukan ketangguhannya kala Timnas Indonesia bermain imbang kontra Vietnam dan menang 4-1 atas Malaysia.

Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan paten dalam mengisi posisi bek sayap. Untuk jantung pertahanan, Elkan Baggott akan diduetkan dengan Alfeandr Dewangga yang penampilannya tidak diragukan lagi bersama timnas.

Selain memiliki postur tubuh yang tinggi, Baggot juga bisa membantu saat skuad Garuda mendapatkan sepak pojok. Terbukti, dia mampu mencetak gol melalui sundulan saat melawan Malaysia pada pertandingan penyisihan grup beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan, Dewangga terpilih senagai man of the match kala Timnas Indonesia mengimbangi Vietnam 0-0.

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Pada lini tengah, Rachmat Irianto dapat dimainkan sebagai gelandang jangkar Timnas Indonesia. Lalu sedikit ke depan, nama Evan Dimas dan Ricky Kambuaya dapat menjadi pilihan Shin Tae-yong untuk menjadi otak serangan timnas.

Jika Egy bermain pada pertandingan leg kedua nanti, d a dapat diplot sebagai gelandang sayap kanan dengan menjadikan Irfan Jaya sebagai opsi supersub. Untuk posisi Witan dapat ditaruh disisi sebaliknya, atau sayap kiri.

Untuk ujung tombak, kemungkinan Ezra Walian akan kembali diturunkan. Walau baru mencetak satu gol, dirinya dapat memberikan tekanan pada jantung pertahanan lawan dan bisa membuka ruang bagi rekan-rekannya.

Nantinya, pertandingan yang dihelat di National Stadium, Singapura itu sekaligus akan menjadi penentu bagi tim untuk dapat melaju kebabak Final guna bertemu Vietnam atau Thailand.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Pada Leg Kedua

Indonesia (4-1-4-1):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae-yong

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.