Sukses

Piala AFF 2020: Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Semifinalis Terburuk

Indonesia disebut sebagai tim terburuk di semifinal Piala AFF 2020 berdasarkan jumlah pelanggaran dan kartu kuning yang diterima sepanjang babak penyisihan.

Liputan6.com, Jakarta Media Vietnam Soha.vn baru-baru ini membuat laporan mengenai peringkat tim yang lolos ke semifinal Piala AFF 2020 berdasarkan statistik fair play. Timnas Indonesia disebut sebagai semifinalis terburuk akibat banyaknya jumlah pelanggaran dan kartu kuning.

Di sisi lain, Vietnam merupakan tim yang mencatatkan permainan apik sepanjang babak penyisihan karena hanya melakukan 48 pelanggaran dan menerima tiga kartu kuning. Torehan tersebut lebih sedikit dibanding Singapura dan Thailand yang juga bakal berlaga di empat besar.

“Park (Hang-seo) dan anak-anak asuhnya adalah tim paling ‘cantik’ di antara empat tim yang hadir di semifinal. Kita hanya memiliki total 48 pelanggaran dan tiga kartu kuning dari empat pertandingan,” tulis Soha.vn dalam laporan yang diunggah pada Selasa (21/12/2021).

“Ini statistik yang menggembirakan karena lawan Vietnam di semifinal, Thailand, harus menerima (catatan) 51 pelanggaran dan lima kartu kuning. Sementara itu, Indonesia dianggap sebagai tim ‘terburuk’ di Piala AFF hingga saat ini, usai menerima total 58 pelanggaran dan sembilan kartu kuning,” sambung laporan tersebut.

Melansir statistik fair play ranking yang diunggah oleh akun Instagram The Asean Football, Indonesia memang merupakan skuad dengan kartu kuning terbanyak di Piala AFF 2020. Adapun lawan Indonesia, Timnas Singapura, hanya mencatatkan enam kartu kuning dan total 51 pelanggaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menampik fakta anak-anak asuhnya kerap diganjar kartu peringatan. Akan tetapi, ia menilai hal tersebut merupakan bukti kerja keras Skuad Garuda di laga-laga sebelumnya.

“Para pemain memang bekerja keras di lapangan. Jadi karena itu, (kami) bisa dapat kartu kuning. Memang seharusnya (kami) lebih berhati-hati,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut dalam konferensi pers virtual pra pertandingan pada Selasa (21/12/2021) siang WIB.

“Sebagai pelatih kepala, saya akan tegaskan kembali kepada pemain agar lebih berhati-hati terhadap kartu kuning,” sambung Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Semifinal Kontra Singapura

Pasukan Indonesia selanjutnya akan menghadapi laga semifinal Piala AFF 2020 melawan skuad tuan rumah di Stadion Nasional Singapura. Pertandingan ini akan berlangsung dalam dua leg, yakni pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021).

Jelang laga tersebut, Shin Tae-yong mengingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak lengah. Pasalnya, Singapura merupakan tim dengan kualitas permainan baik. Mereka tercatat hanya kalah satu kali dari Thailand di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2020.

“Saya merasa Singapura adalah tim yang bagus, terutama saat melawan Filipina dan Myanmar, jadi kami tidak boleh lengah. Satu persen pun kami tidak boleh lengah, saya tegaskan kepada para pemain bahwa Singapura memang tim yang baik,” katanya pada Selasa (21/12/2021).

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Tim Nasional Sepak Bola Singapura adalah salah satu tim yang disegani di kawasan Asia Tenggara
    Tim Nasional Sepak Bola Singapura adalah salah satu tim yang disegani di kawasan Asia Tenggara

    Timnas Singapura

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020