Sukses

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Parkir Bus Lawan Vietnam, Ini Penjelasan Shin Tae-yong

Timnas Indonesia memainkan tiga bek tengah dengan diperkuat dua bek sayap saat menahan imbang Vietnam pada ketiga Grup B Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menahan Imbang Vietnam pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2020. Laga yang dimainkan di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB, berakhir 0-0.

Dalam laga ini pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan anak asuhnya bermain bertahan. Ia mengaku sengaja menerapkan strategi itu.

"Karena pemain (Vietnam) nomor 19 dan 10 sangat baik dalam pergerakan, jadi sengaja menggunakan formasi tiga bek," kata juru taktik asal Korea Selatan itu dalam konferensi pers virtual.

Dua pemain Vietnam yang dimaksud Shin Tae Yong adalah Nguyen Quang Hai (19) dan Nguyen Chong Phuong (10). Untuk meredam kedua pemain itu, Shin Tae-yong memainkan tiga bek tengah, yaitu Alfeandra Dewangga, Fachruddin Ariyanto, dan Rizky Ridho, yang diperkuat dua bek sayap Asnawi Mangkualam serta Pratama Arhan.

Terbukti, strategi parkir bus yang diterapkan Shin Tae-yong membuat para pemain Vietnam frustasi karena serangan mereka terpatahkan. Bahkan, bek Timnas Indonesia Alfeandra Dewangga terpilih menjadi man of the match pada laga Piala AFF tersebut.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elkan Baggott

Shin Tae-yong juga mengakui absennya Elkan Baggott membuatnya harus mengubah formasi. Ini mengingat perannya sebagai pemain kunci di lini pertahanan Merah Putih.

Elkan terpaksa absen karena harus menjalani karantina setelah satu pesawat dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Padahal, pemain berusia 19 tahun itu sudah bermain dalam laga sebelumnya menghadapi Laos sebagai pemain pengganti.

Yang pasti, Shin sangat mengapresiasi hasil tersebut. Ini tidak lepas dari kerja keras pemain dalam meraih hasil maksimal atau setidaknya bisa bermain imbang.

 

3 dari 3 halaman

Pimpin klasemen

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama meraih satu poin dengan total tujuh poin. Tapi, skuat Garuda lebih berhak memuncaki klasemen Piala AFF 2020 Piala Grup B karena unggul selisih gol dari Vietnam.

Pada laga berikutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021). Laga ini akan menentukan nasib Evan Dimas cs untuk bisa lolos ke semifinal.

Indonesia bisa lolos ke babak semifinal seandainya kembali menghindari kekalahan melawan Malaysia pada laga pamungkas Grup B.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.