Sukses

Piala AFF 2020: Ada Peraturan Tak Tertulis, Evan Dimas Tolak Ban Kapten Timnas Indonesia dari Asnawi

Liputan6.com, Singapura - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengambil keputusan berani pada laga Grup B Piala AFF 2020 melawan Vietnam. Dia menyimpan kapten Evan Dimas untuk pertandingan di Stadion Bisham, Rabu (15/12/2021).

Sebagai ganti Evan, Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Asnawi Mangkualam.

Keputusan ini wajar karena Asnawi merupakan wakil kapten. Dia juga menyandang ban kapten setelah Evan Dimas ditarik pada dua laga Piala AFF sebelumnya melawan Kamboja dan Laos.

Selepas babak pertama dengan timnas kesulitan menguasai bola, Shin Tae-yong baru memasukkan Evan yang dikenal piawai menerapkan possession football.

Namun, momen unik terjadi ketika penggawa Bhayangkara Solo FC itu berniat masuk lapangan sebagai pengganti Rachmat Irianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Peraturan Tidak Tertulis

Asnawi menawarkan ban kapten kepada Evan, tapi kemudian ditolak. Evan baru memakai ban kapten ketika Asnawi diganti Rizky Dwi Febrianto pada menit ke-69.

Tidak diketahui alasan di balik keputusan Evan. Namun, ada peraturan tidak tertulis dalam sepak bola terkait perpindahan ban kapten. Pada umumnya, ban kapten berganti tangan jika penyandang di awal laga mengakhiri pertandingan sebelum waktunya.

3 dari 3 halaman

Main Tanpa Gol

Indonesia sukses mengimbangi Vietnam tanpa gol. Hasil itu membuat timnas bertahan di puncak klasemen Grup B.

Nasib kedua tim kini bakal tergantung putaran terakhir. Indonesia dijadwalkan bersua Malaysia dengan Vietnam menghadapi Kamboja.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS