Sukses

Amankan Manchester City di Puncak Klasemen Liga Inggris, Sterling dan Ederson Torehkan Rekor

Liputan6.com, Manchester - Manchester City mengamankan puncak klasemen setelah mengalahkan Wolverhampton Wanderers pada pekan ke-16 Liga Inggris. The Citizens menang 1-0 di Etihad Stadium, Sabtu (11/12/2021).

Gol kemenangan Manchester City dicetak Raheem Sterling melalui titik putih di menit ke-66. Pasukan Pep Guardiola mendapat hadiah penalti setelah Joao Moutinho handball di kotak terlarang.

Selain membawa The Citizens kukuh di puncak klasemen, Raheem Sterling juga mencetak rekor baru. Golnya ke gawang Wolvehampton yang merupakan yang ke-100 di Liga Inggris. 

Seperti dilansir Opta, pesepak bola kelahiran 8 Desember 1994 itu menjadi pemain ke-32 yang mencetak rekor serupa di Liga Inggris. Sebelumnya, Mohamed Salah dan Sadio Mane juga mencapai gol ke-100 pada 2021.

Rincian gol yang dicetak Sterling dalam rekor nya tersebut antara lain 18 gol dicatatkan saat bersama Liverpool dan sisanya 82 kala berseragam Manchester City. "Mencetak 100 gol merupakan sebuah pencapaian luar biasa," ujar Raheem Sterling selepas pertandingan.

"Ada beberapa pemain fantastis di dalam daftar (peraih 100 gol). Saya sangat merasa terhormat bisa bisa ikut berada di dalamnya," tambah pemain Timnas Inggris tersebut.

 

2 dari 4 halaman

100 Clean Sheet Ederson Bersama The Citizens

Selain Raheem Sterling, Ederson juga menorehkan rekor barunya. Kiper asal Brasil tersebut sukses menciptakan 100 clean sheetnya bersama Manchester City sejak bergabung pada 2017 lalu.

Mengutip laman resmi klub, Ederson mengaku gembira setelah berhasil mencapai 100 clean sheet untuk The Citizens. Dirinya hanya kebobolan 160 gol dari total 212 penampilannya bersama Manchester Biru.

“Saya sangat senang mencapai tujuan ini. Ini bukan pencapaian satu orang. Ini adalah produk dari semua orang di tim dan semua orang yang terlibat dalam kinerja kami." ujarnya.

"Saya menantikan untuk melanjutkan kinerja ini dan membantu tim mencapai tujuan kami. Ini adalah tujuan yang sangat sulit untuk dicapai, ini adalah produk dari semua upaya kami. Saya sangat senang mencapainya. Ini adalah cerminan dari semua kerja tim." lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Berkat Kinerja Rekan Satu Tim

Menurut penjaga gawang asal Brasil tersebut, raihan yang telah dicapainya itu tak luput dari kinerja rekan setimnya. "Ini merupakan kemajuan pribadi yang besar, selalu dibantu oleh semua tim," ujarnya.

"Saya sangat menantikan untuk melanjutkan perkembangan ini dan saya berterima kasih atas semua bantuan yang saya terima."

Saat ini, Manchester City kukuh dipuncak klasemen sementara Liga Inggris dengan koleksi 38 poin dari 16 pertandingan. Sebaliknya, Wolverhampton harus puas tertahan di peringkat delapan dengan torehan 21 angka.

Pada pertandingan selanjutnya, tim asuhan Pep Guardiola akan bersua dengan Leeds United pada Rabu (15/12/2021). Sementara Wolves akan menghadapi Brighton & Hove Albion sehari setelahnya.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

4 dari 4 halaman

Persaingan Sengit Liga Inggris