Sukses

Piala AFF 2020: Kecolongan 2 Gol, Timnas Indonesia Sempat Anggap Enteng Lawan

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengkritisi permainan pasukannya di laga perdana Piala AFF 2020 melawan Kamboja, Kamis (9/12/2021). Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, Evan Dimas dan kawan-kawan sempat terlena oleh keunggulan tiga gol yang diperoleh pada babak pertama. 

Bertanding di Bishan Stadium, Singapura, timnas Indonesia mengakhiri laga dengan kemenangan 4-2 atas Kamboja. Tiga gol Indonesia lahir di babak pertama, oleh Rachmat Irianto (2goL) dan Evan Dimas. Namun sebelum turun minum, Kamboja memperkecil ketertinggalan lewat tandukaan Yue Safy. 

Di babak kedua, timnas Indonesia kembali menambah satu gol lagi lewati Ramai Rumakiek. Namun lagi-lagi gawang Skuat Garuda kebobolan lewat tendangan bebas Park Mony Udom pada menit ke-60. Setelah gol ini, Indonesia kerap mendapat tekanan dari Kamboja meski gagal mencetak gol lagi. 

Mengenai penampilan buruk Indonesia di babak kedua, Shin Tae-yong enggan menutup mata. "Masalahnya adalah pada skor pertandingan. Saat kami jauh memimpin, para pemain mulai menganggap tim lawan lemah," kata Shin Tae Yong usai laga seperti dilansir dari Soha.Vn. 

"Ini murni kesalahan para pemain Indonesia. Jadi seluruh tim harus melakukan koreksi di sisa Piala AFF 2020. Secara pribadi saya juga akan ditegur atas masalah ini," beber Shin Tae-yong. 

 

2 dari 3 halaman

Diingatkan Sejak Awal

Sejak awal, Shin Tae-yong sebenarnya sudah mewanti-wanti agar pasukannya tidak pernah menganggap remeh lawan. Apalagi selama ini selalu beredar analisis yang menyebutkan kalau Vietnam dan Malaysia sebagai dua lawan terkuat yang akan dihadapi Skuat Garuda di penyisihan Grup B. 

"Banyak orang berpikir, Vietnam dan Malaysia akan menjadi dua tim dari grup B yang bakal lolos ke semifinal. Namun seperti yang saya katakan sebelumnya, bola itu bulat dan apapun bisa terjadi. Tidak ada yang pasti," kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu mengingatkan para pemainnya. 

 

3 dari 3 halaman

Laga Berikutnya

Kemenangan atas Kamboja menempatkan Indonesia di urutan kedua pada papan klasemen sementara Grup B dengan 3 poin. Di posisi pertama bercokol Malaysia dengan 6 poin usai menang lagi atas Laos. Sementara Vietnam menempati peringkat ketuga dengan 2 poin kalah agresifitas gol atas Indonesia. 

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan bertemu Laos di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021).