Sukses

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Kebobolan 2 Gol, Ini Penjelasan Shin Tae-yong

Timnas Indonesia kebobolan dua gol saat mengalahkan Kamboja 4-2 pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengawali perjuangannya di Piala AFF 2020 dengan hasil positif. Skuat Garuda menang 4-2 atas Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Rachmat Irianto menjadi bintang Timnas Indonesia setelah dua kali membobol gawang lawang. Gol lainnya dicetak Evan Dimas dan Ramai Rumakiek. Sementara Yue Safy dan Prak Mony Udom menyumbang gol bagi Kamboja.

Kebobolan dua gol, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong percaya kualitas pertahanan skuatnya akan membaik. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebuk bek-beknya masih beradaptasi karena belum tampil di Piala AFF.

Sekadar informasi, Rizky Ridho serta Rizky Dwi tidak ikut pemusatan latihan di Turki, November lalu, dan baru bergabung di Singapura. Karena itu, kedua pemain ini perlu waktu untuk membiasakan diri.

Sementara Elkan Baggott, kendati sudah berada di Singapura, belum dimainkan saat melawan Kamboja. "Kami akan memperbaiki masalah pertahanan ini, termasuk fokus pemain saat berlaga," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor cuaca

Selain teknis, ada faktor lain yang dinilai Shin Tae-yong di balik menurunya performa Timnas Indonesia pada babak kedua. Cuaca di Singapura lebih panas dibandingkan Turki.

"Cuaca panas membuat kondisi pemain menurun. Akan tetapi, saya percaya tim ini akan lebih baik ke depan," tutur Shin.

 

3 dari 3 halaman

Peringkat kedua

Kemenangan atas Kamboja membuat Timnas Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan tiga poin. Malaysia berada di peringkat pertama dengan enam poin dari dua laga.

Setelah itu, berturut-turut ada Vietnam di posisi ketiga, lalu Kamboja, dan Laos. Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Laos pada 12 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.