Sukses

Piala AFF 2020: Jalani Debut, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tidak Grogi

Piala AFF 2020 merupakan Piala AFF perdana pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sepanjang kariernya. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku percaya diri menghadapi Piala AFF 2020. "Saya tidak grogi sama sekali," katanya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Piala AFF 2020 merupakan  Piala AFF perdana juru taktik asal Korea Selatan itu sepanjang kariernya. Meski demikian, dia optimistis Evan Dimas dan kawan-kawan mampu tampil maksimal di turnamen ini.

"Saya yakin pemain-pemain Indonesia bisa melakukan yang terbaik," ucap Shin Tae-yong.

Sebagai langkah awal, Shin Tae-yong ingin membawa Timnas Indonesia lolos terlebih dahulu dari fase grup B. Skuat Garuda bergabung bersama Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan unggulan

Vietnam adalah juara Piala AFF 2008 dan 2018. Sementara Malaysia datang dengan status kampiun Piala AFF 2010.

Sedangkan pencapaian tertinggi Timnas Indonesia di Piala AFF adalah peringkat kedua. Skuat Garuda lima kali menjadi runner up, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

"Banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia yang akan lolos dari grup. Namun, bola itu bundar. Kita bisa melihat sepak bola Indonesia banyak berubah dan terus berkembang. Saya selalu yakin dengan tim," ucap Shin Tae-yong.

Salah satu perubahan signifikan di Timnas Indonesia adalah soal mentalitas bertanding. "Saya sangat bahagia untuk itu dan yakin bisa mendapatkan prestasi terbaik," ujar juru taktik berumur 52 tahun itu.

 

3 dari 3 halaman

Lawan Kamboja

Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Laga ini akan digelar di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) pukul 19:30 WIB, dan bisa disaksikan secara live streaming di Vidio.com.

Grup B sudah melangsungkan dua pertandingan, yaitu Malaysia melawan Kamboja dan Vietnam kontra Laos. Malaysia menang 3-1 dan Vietnam 2-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.