Sukses

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Lebih Diuntungkan Ketimbang Kamboja

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di Piala AFF 2020. Skuat Garuda akan menghadapi Kamboja pada Grup B di Stadion Bishan, Singapura, Kamis, 9 Desember 2021.

Mengutip laman PSSI, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merasa optimistis menjelang laga kontra Kamboja. Keyakinan itu bukan tanpa alasan karena persiapan timnya jauh lebih matang dari Kamboja.

"Pemain harus bekerja keras dan berjuang maksimal di pertandingan perdana melawan Kamboja. Perkembangan mereka sangat baik, tentu ini menjadi modal bagus demi raihan hasil terbaik di Piala AFF 2020," katanya.

Melawan Kamboja, Timnas Indonesia jauh lebih diuntungkan. Sebab, Egy Maulana cs memiliki waktu persiapan yang lebih banyak ketimbang sang lawan.

Sebelumnya, Timnas Kamboja telah melakoni laga pertama Grup B di Piala AFF 2020 dengan melawan Malaysia pada Senin, 6 Desember. Hasilnya, Kamboja harus takluk 1-3 dari Malaysia.

Setelah itu, Kamboja hanya memilki waktu jeda istirahat dua hari sebelum menghadapi Timnas Indonesia pada laga Piala AFF selanjutnya.

Selain waktu persiapan, Timnas Indonesia juga diuntungkan karena bisa memantau permainan Kamboja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Rekor Gemilang Pertemuan Timnas Indonesia Atas Kamboja

Selain faktor perbedaan waktu persiapan, Indonesia juga diuntungkan karena memiliki rekor pertemuan yang cukup memuaskan dan kenangan manis kala bersua Kamboja di Piala AFF.

Timnas Indonesia tercatat sudah empat kali bertemu Kamboja pada turnamen dua tahunan yang berlangsung sejak 1996 tersebut. Hasilnya, Indonesia selalu menang dengan selisih minimal dua gol.

Pertemuan pertama dalam gelaran Piala AFF antara kedua kesebelasan terjadi pada 1996. Saat itu, Timnas Indonesia menang 3-0 atas Kamboja.

Berselang enam tahun, kedua tim kembali bersua pada ajang Piala AFF 2002. Timnas Indonesia yang kala itu ditangani pelatih Ivan Kolev mampu menang dengan skor 4-2.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Rekor kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Kamboja tercipta di Piala AFF 2004. Skuat Merah Putih melumat Kamboja tanpa ampun dengan skor 8-0 di bawah pelatih asal Inggis, Peter White. Saat itu, Ilham Jaya Kesuma menjadi bintang lewat tiga gol yang dicetaknya.

Pertemuan terakhir antara kedua tim di Piala AFF berlangsung pada 2008. Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia sukses menggasak Kamboja dengan skor 4-0. Saat itu, Budi Sudarsono menjadi bintang dengan mencetak hattrick.

Selain di Piala AFF, Indonesia juga pernah menjamu Kamboja dalam laga uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/10/2017). Saat itu, Indonesia menang 3-1 atas Kamboja. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi pertemuan terakhir antara kedua tim di semua ajang.

4 dari 5 halaman

Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020:

Kiper:

1. Muhamad Riyandi, Barito Putera

2. Nadeo Arga Winata, Bali United

3. Ernando Ari Sutaryadi, Persebaya

4. Syahrul Trisna Fadillah, Tira Persikabo

Bek:

5. Fachruddin Aryanto, Madura United

6. Victor Chukwuekezie Igbonefo, Persib

7. Ryuji Utomo Prabowo, Penang FC/ Persija Jakarta

8. Alfeandra Dewangga Santosa, PSIS

9. Elkan William Tio Baggott, Ipswich Town

10. Pratama Arhan Alif Rifai, PSIS

11. Moh. Edo Febriansah, Persita

12. Rizky Ridho Ramadhani, Persebaya

13. Rizky Dwi Febrianto, Arema FC

14. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

15. Marckho Sandi Merauje, Borneo FC

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Tengah:

16. Evan Dimas Darmono, Bhayangkara FC

17. I Kadek Agung Widnyana Putra, Bali United

18. Rachmat Irianto, Persebaya

19. Ahmad Agung Setia Budi, Persik Kediri

20. Ricky Richardo Kambuaya, Persebaya

21. Syahrian Abimanyu, Johor Darul Tazim

22. Irfan Samaling Kumi, PSS Sleman

23. Ramai Melvin Rumakiek, Persipura

24. Witan Sulaeman, Lechia Gdanks

25. Egy Maulana Vikri, FK Senica

26. Yabes Roni Malaifani, Bali United

Depan:

27. Kushedya Hari Yudo, Arema FC

28. Dedik Setiawan, Arema FC

29. Hanis Saghara Putra, Tira Persikabo

30. Ezra Harm Ruud Walian, Persib

Penulis: Rafi A Rochim

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS