Sukses

Gianluigi Donnarumma Raih Penghargaan Kiper Terbaik

Liputan6.com, Jakarta - Gianluigi Donnarumma meraih Yashin Trophy atau kiper terbaik pada rangkaian acara penganugerahan Ballon d'Or 2021. Pemain timnas Italia itu mengalahkan beberapa penjaga gawang lain, seperti Edouard Mendy dan Jan Oblak.

Penampilan Donnarumma di Paris Saint-Germain sebenarnya masih kurang terlalu cemerlang, khususnya di Ligue 1. Namun, harus diakui performanya di Piala Eropa 2020 sangat impresif. Ia bermain cemerlang dan membawa Gli Azurri menjadi juara.

"Selamat malam. Ini jadi tahun yang sangat bagus buat saya. Saya membela AC Milan dan Timnas Italia musim lalu. Sulit menggambarkan perasaan saya saat ini," kata Donnarumma.

Donnarumma berharap gelar bergengsi ini bisa menjadi pelecut untuk meraih sukses bersama PSG. "Terima kasih kepada semua orang yang mendukung saya, Keluarga saya, orang tua saya, kekasih saya. Saya harap bisa mentransfer energi ini bersama PSG," ucap kiper berusia 22 tahun itu.

Gianluigi Donnarumma meninggalkan AC Milan dan pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021. Namun, dia empat mengeluhkan menit bermain yang kurang karena masih adanya kiper utama Keylor Navas.

Tetapi, kiper Italia itu boleh melupakan sejenak keluh-kesahnya setelah terpilih sebagai kiper terbaik 2021.

 

2 dari 3 halaman

10 Nominasi Kiper Pesaing Donnarumma

Donnarumma mengalahkan beberapa penjaga gawang ternama yang sukses di klub dan negaranya masing-masing. Berikut daftar finalis Ballon d’Or 2021

• Gianluigi Donnarumma, AC Milan/PSG, Italia

• Ederson, Manchester City, Brasil

• Kasper Schmeichel, Leicester City, Denmark

• Edouard Mendy, Chelsea, Senegal

• Thibaut Courtois, Real Madrid, Belgia

• Keylor Navas, PSG, Kosta Rika

• Emiliano Martinez, Aston Villa, Argentina

• Manuel Neuer, Bayern Munchen, Jerman

• Jan Oblak, Atletico Madrid, Slovenia

• Samir Handanovic, Inter, Slovenia

 

3 dari 3 halaman

Apa itu Yashin Trophy?

Yashin Trophy atau Trophée Yachine dalam bahasa Prancis, adalah penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh majalah France Football kepada kiper dengan performa terbaik dalam tahun kalender itu.

Penghargaan ini diambil dari nama kiper Rusia (dulu Uni Soviet) Lev Yashin, satu-satunya kiper dalam sejarah yang pernah memenangkan penghargaan Ballon d’Or. Pemenang untuk penghargaan ini pada 2021 dilakukan oleh para mantan pemenang Ballon d’Or.

Penghargaan ini mulai diberikan pada 2019, dengan kiper Liverpool Alisson Becker menjadi pemenang pertamanya. Sama seperti Ballon d’Or dan Kopa Trophy, pemberian penghargaan pada 2020 dibatalkan karena krisis kesehatan. (Sumber: France Football)

Penulis: Rafi Abdul Rochim