Sukses

WSBK Mandalika Ditunda Gara-Gara Hujan, Cassa TNI Geser Awan ke Kota Lain

TNI ikut membantu penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Mandalika berjalan lancar. Salah satunya adalah dengan memodifikasi cuaca untuk mencegah hujan deras turun di atas sirkuit Mandalika.

Liputan6.com, Mandalika - TNI ikut membantu penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Mandalika berjalan lancar. Salah satunya adalah dengan memodifikasi cuaca untuk mencegah hujan deras turun di atas sirkuit Mandalika.

"Kami mengerahkan satu unit pesawat jenis Cassa untuk modifikasi cuaca dengan cara menebarkan garam di atas awan agar hujan tidak terjadi di atas langit Mandalika," Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

"Misalnya bisa bergeser ke wilayah Kota Mataram atau Lombok Timur," ujarnya menambahkan.

Seperti diketahui, Superbike seri Mandalika dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (20/11) dan Minggu (21/11) akhir pekan ini. Seri Mandalika merupakan penutup di Superbike musim 2021.

Selain memodifikasi cuaca, TNI juga mengerahkan 600 personel untuk mengamankan jalannya balapan. 350 di antaranya disebar di arena dalam sirkuit Mandalika atas koordinasi dengan Dorna Sport selaku promotor Superbike.

"Kami melibatkan unsur Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Ada empat unit alat utama sistem persenjataan (alutsista,red) Anoa dan tiga kapal patroli cepat yang bersiaga di perairan Mandalika 24 jam," kata Rizal.

"Selain itu kami juga mengerahkan pasukan khusus untuk mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan," ujarnya menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Basarnas Ikut Serta

Di sisi lain, Badan SAR Nasional juga ikut terlibat di Superbike. Direktur Kesiapsiagaan Bencana Basarnasm Agus Haryono mengatakan, pihaknya mengerahkan 100 persenole gabungan dan helikopter serta kapal.

"Kami menyiagakan satu unit helikopter jenis Dolphin AR 3603 dan Kapal Motor SAR Kamajaya Kelas 66 Meter yang langsung kami datangkan dari Makassar," kata Agus.

3 dari 3 halaman

Digeser ke Minggu

Sementara itu, Race 1 Superbike terpaksa digeser ke Minggu (21/11/2021) besok karena hujan deras. Rencananya, Race 1 bakal berlangsung pada pukul 11.00 WITA .

"Melihat kondisi cuaca di Sabtu sore saat Pirelli Indonesian di Pertamina Mandalika International Street Circuit, keputusan sulit dibuat untuk menunda balapan Superbike Race 1 ke Minggu," demikian pernyataan resmi Superbike.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.