Sukses

Ryuji Utomo Pamit dari Penang FA, Sinyal Kembali ke Persija Jakarta Ikut BRI Liga 1?

Ryuji Utomo resmi menyatakan perpisahannya dengan Penang FA. Bakal kembali ke Persija Jakarta ikut BRI Liga 1?

Liputan6.com, Jakarta - Bek tengah andalan Indonesia Ryuji Utomo resmi menyatakan perpisahannya dengan klub Malaysia, Penang FA. Dirinya telah menghabiskan musim 2021 sebagai pemain pinjaman dari Persija Jakarta yang kini mengikuti BRI Liga 1 2021/2022.

Kerja sama Ryuji Utomo dengan Penang FA memang akan berakhir pada Desember 2021 mendatang.

Dilansir akun instagram pribadinya @ryujiutomo, Ryuji mengucapkan salam perpisahan dan rasa terima kasihnya kepada Penang FA. Dia merasa bangga pernah menjadi bagian dari klub dalam mengarungi Liga Super Malaysia.

"Penangites, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Anda yang terus berlanjut selama musim ini. Itu adalah pengalaman yang luar biasa dengan @officialpenangfc dan saya bangga menjadi bagian dari keluarga ini." tulis Ryuji Utomo.

"Kami memulai sebagai tim promosi dan finis kuat sebagai 3 besar di Liga Super Malaysia. Penang akan selalu memiliki tempat istimewa di hati kami. Sampai lain kali kawan!," pungkas Ryuji sembari berbagi foto keluarga kecilnya di Malaysia dengan jersey Penang FA.

Bek tengah berusia 26 tahun itu mencatatkan performa cukup apik bersama Penang FA di Liga Super Malaysia 2021. Ryuji bermain dalam 14 dari 22 laga Penang FA di ajang liga, serta empat pertandingan di Piala Malaysia 2021.

Berkat keberadaan Ryuji, Penang FA berhasil tampil mengejutkan dengan menyodok ke posisi tiga klasemen akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluang Kembali Menuju Persija Jakarta

Ryuji didatangkan Penang FA pada 6 Desember 2020 dari Persija dengan status sebagai pemain pinjaman. Dengan demikian, dirinya berpeluang untuk kembali ke Persija.

Namun, sebelum bergabung dengan skuad Macan Kemayoran, Ryuji terlebih dulu bertolak ke Turki. Ia bergabung dengan Timnas Indonesia yang sedang menjalani pemusatan latihan,

Selain itu, Persija harus menunggu sampai bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 2021/2022 dibuka untuk dapat memainkan jasanya.

Namun, ada kabar yang menyatakan minat klub luar negeri untuk meminang Ryuji Utomo. Salah satunya adalah klub kasta kedua Jepang, Jubilo Iwata. Namun, manajer Persija Bambang Pamungkas menjelaskan belum ada yang menghubungi langsung pihaknya.

"Dari apa yang saya tahu, Ryuji Utomo adalah pemain Persija Jakarta sampai satu atau dua tahun ke depan. Artinya, jika ada klub lain yang ingin memakai jasa Ryuji Utomo harus komunikasi dengan kami," ujar Bambang Pamungkas.

"Itu pun Persija Jakarta berminat melepas atau tidak karena semua keputusan ada di klub bukan pemain, sebab dia terikat kontrak dengan tim,"pungkas mantan sekaligus legenda Persija Jakarta tersebut.

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

3 dari 3 halaman

Update Klasemen BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.