Sukses

WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika: Jonathan Rea Ogah Menyerah

Persaingan sengit akan tercipta pada World Superbike (WSBK) 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021 mendatang. Selain itu, balapan tersebut sekaligus akan menentukan juara WSBK 2021.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan sengit akan tercipta pada World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika yang sekaligus akan menjadi seri terakhir pada musim ini. 

Melansir laman resmi WSBK, seri ke-13 yang bertajuk Pirelli Indonesian Round dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021 mendatang. Selain itu, balapan ini juga akan menentukan juara WSBK 2021.

Untuk diketahui, WSBK merupakan ajang balap motor bergengsi di dunia. WSBK (WorldSBK) adalah sebutan untuk Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike.

Sama seperti Kejuaraan Dunia MotoGP, WSBK juga berada di bawah naungan Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). WSBK sendiri merupakan ajang balap sepeda motor produksi massal. Akan tetapi, motor yang digunakan telah dirombak secara khusus untuk turun mengikuti balapan.

Motor yang digunakan pada WSBK berbeda dengan motor MotoGP. Adapun, MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus. Saat ini, ada lima pabrikan yang berlaga pada ajang WSBK yaitu BMW Motorrad, Yamaha, Ducati, Honda, dan Kawasaki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persaingan Sengit

Saat ini, pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu, tengah memimpin klasemen dengan poin 531. Dia unggul 30 angka dari juara bertahan sekaligus Raja Superbike, Jonathan Rea.

Pebalap asal Irlandia Utara, Jonathan Rea, merupakan rider dengan koleksi gelar juara dunia WSBK terbanyak. Dirinya sukses menjadi juara dunia WSBK enam kali yaitu pada 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020.

dilansir dari Crash, Bos Kawasaki Racing Team, Guim Roda, masih optimistis pembalap andalannya Jonathan Rea bisa menjadi juara dunia pada seri terakhir WSBK Indonesia 2021, 20-21 November mendatang.

Meski berat, Roda meyakini balapan ini akan berjalan ketat. Apalagi, Alex Lowes sudah pulih dari cedera sehingga pasti akan membantu Rea dalam menyaingi Razgatlioglu.

“Jonny merupakan pembalap bagus. Tetapi, dia harus terus belajar. Yamaha dan Toprak bekerja dengan sangat baik. Begitu pula dengan (Scott) Redding,” kata Roda, dikutip dari Crash.

“Kami harus memahami kapan untuk memaksimalkan potensi motor dan terus mencoba. 30 poin bukan jarak yang mudah di balapan. Namun, apa saja bisa terjadi,” lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Sengit

“Target kami adalah terus menekan dan berharap pembalap lain juga dapat bersaing. Akan ada banyak persaingan. Scott juga kuat, serta pembalap muda lainnya. Kondisi Alex juga akan 100 persen di Indonesia. Banyak hal yang bisa terjadi,” tandas Guim Roda.

Satu pekan balapan Superbike (WSBK) menyediakan poin maksimal 62. Poin tersebut didapat dari dua kali balapan, serta satu Superpole Race. Pemenang balapan pertama dan dua mendapat hadiah masing-masing 25 poin, sementara posisi pertama pada Superpole Race diganjar nilai 12.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.