Sukses

Mengenang Karier Valentino Rossi Sebelum Pensiun di MotoGP Akhir Pekan Ini

Valentino Rossi 'The Doctor' pensiun akhir pekan ini di GP Valencia, berikut perjalanan karier pembalap legendaris ini.

Liputan6.com, Valencia - Setelah 25 tahun berkecimpung di dunia olahraga balap, Valentino Rossi mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP pada konferensi pers sebelum GP Styrian, Agustus lalu. Sebanyak sembilan kejuaraan dunia yang diraihnya, kini ucapan perpisahan benar-benar dilayangkan kepada pembalap bergelar The Doctor itu.

2021 sejauh ini merupakan musim terburuknya di kelas utama, ia tidak mendapatkan podium sepanjang musim. Meskipun begitu, Rossi akan meninggalkan jejak di bidang ini tidak seperti yang lain.

Balapan terakhir sekaligus penutup kariernya di MotoGP akan dilakukan di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol, pada Minggu 14 November 2021. Pembalap berusia 42 tahun itu telah ambil bagian sebanyak 44% dari semua MotoGP sejak 1949.

Valentino Rossi adalah satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia di kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

"Saya harap saya akan memiliki kesempatan untuk mengatakan 'ciao' kepada penggemar saya dengan cara yang baik dan mengucapkan terima kasih atas dukungannya," kata Rossi seperti dilansir Crash, Jumat (12/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Siapakah Valentino Rossi?

Rossi lahir pada 1979 di Urbino, Italia, tetapi keluarganya pindah ke Tavullia tak lama setelah kelahirannya. Ia adalah putra dari mantan pembalap motor Graziano Rossi.

Di masa kecilnya, cinta pertama Rossi adalah karting. Ia memenangkan kejuaraan kart regionalnya pada 1990 dan sebelum akhir tahun 1991, dia telah memenangkan banyak balapan regional.

Pada 1993, Rossi menyelesaikan musim pertamanya di Kejuaraan Produksi Olahraga Italia, mencapai pole position di balapan terakhir musim dan menyelesaikan balapan di podium. Di musim berikutnya, Rossi telah diberikan pabrik Mito oleh Lusaudi dan memenangkan gelar Italia.

Rossi memenangkan Kejuaraan 125cc Italia pada 1995 setelah beralih ke Aprilia dan juga berada di urutan ketiga di Kejuaraan Eropa.

3 dari 6 halaman

Kejuaraan Dunia

Rossi memulai karir balap motor grand prix pada 1996. Dia menyelesaikan musim pertamanya di tempat kesembilan dengan 111 poin setelah mencapai tempat ketiga di Grand Prix Austria, dan posisi terdepan bersama dengan kemenangan balapan pertamanya di Grand Prix Republik Ceko.

Pada akhir tahun rookie-nya di 1998 setelah naik ke kelas 250cc, Rossi menempati posisi kedua dengan 201 poin, hanya terpaut 23 poin dari juara 250cc 1998 Loris Capirossi. Kemudian memenangkan gelar 1999 di Rio de Janeiro, menyelesaikan musim di tempat pertama dan mencapai gelar kejuaraan dunia keduanya.

Setelah sukses di musim terakhirnya, Rossi kemudian duduk bersama Honda di kelas tertinggi balap motor Kejuaraan Dunia, 500cc. Selama musim keduanya di kelas 500cc, Rossi memenangkan 11 balapan dan hanya tiga kali naik podium. Meskipun musim yang genting pada tahun 2000, Rossi memenangkan gelar 500cc pertamanya dengan 325 poin dan menambahkan gelar juara dunia ketiga atas namanya.

MotoGP dimulai pada tahun 2000 dan Rossi telah berkompetisi di kelas ini dengan tiga pabrikan berbeda selama 21 tahun. Rossi memenangkan gelar MotoGP pertamanya pada tahun 2001 dan menang setiap tahun hingga tahun 2005. Rossi kemudian kembali untuk memenangkan kejuaraan pada tahun 2008 dan 2009.

Dari 2004-2010, Rossi bersama Yamaha sebelum pindah ke Ducati selama satu musim dan kemudian pindah kembali ke Yamaha di mana dia bertahan.

4 dari 6 halaman

The Doctor yang Legendaris

Julukan 'The Doctor' yang menghiasi namanya merupakan hasil mendapatkan gelar sebagai pembalap tersukses keenam di tahun 2010-an dengan 89 kemenangan atas namanya. Lima nama sebelumnya termasuk Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Casey Stoner dan Andrea Doviziosa.

Julukan Rossi telah dikaitkan dengan penerimaan gelar kehormatan. Di Italia memberi Anda hak untuk menggunakan gelar Doctor untuk diri Anda sendiri. Namun, ayah Rossi sejak itu mengatakan bahwa di Italia, istilah 'Doctor' digunakan sebagai istilah penghormatan dan kejuaraan dunia sembilan kali dengan cepat membuat orang hormat.

'The Doctor' juga telah dikaitkan dengan nama belakang Rossi sebagai nama panggilan umum untuk Doctors dan oleh karena itu pengendara memutuskan untuk menggunakannya untuk dirinya sendiri.

5 dari 6 halaman

Balapan Terakhir

Pembalap Italia berusia 42 tahun itu memiliki 199 podium, 55 pole position, dan total meraih 5400 poin.

Pembalap, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pebalap sepeda motor terhebat sepanjang masa adalah satu-satunya pembalap jalanan yang berkompetisi di 400 atau lebih Grand Prix.

Jumat 12 November - Minggu 14 November 2021, Valentino Rossi akan bertanding di balapan terakhirnya. Pembalap Italia itu menyelesaikan balapan pertama di Misano di urutan ke-17 dan tidak mengharapkan peningkatan yang signifikan tetapi mengakui bahwa dia menyadari betapa emosionalnya balapan ini.

Pembalap Italia itu juga telah berbicara sebelumnya dengan mengatakan dia tidak cenderung memiliki balapan yang kuat di Valencia tetapi itu akan menjadi balapan yang harus ditonton karena para penggemar akan terlihat mengenakan pakaian kuning untuk memperingati final lebih dari 400 balapan untuk 'The Doctor'.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

6 dari 6 halaman

Infografis Jejak Rossi di MotoGP San Marino Sirkuit Misano

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.