Sukses

Jelang Daihatsu Indonesia Masters 2021, PBSI Belum Pasang Target Buat Atlet

Meski kurang dari dua minggu jelang pelaksanaan Daihatsu Indonesia Masters 2021 di Bali, PBSI menyebut pihaknya belum memasang target gelar bagi para atlet karena masih ingin melakukan evaluasi

Liputan6.com, Jakarta Daihatsu Indonesia Masters 2021 dijadwalkan akan berlangsung pada 16–21 November 2021 mendatang. Turnamen ini merupakan pertandingan pembuka dari rangkaian Indonesia Badminton Festival yang berlangsung di Bali International Convention Center, Westin Resort Nusa Dua, Bali.

Kurang dari dua minggu jelang penyelenggaraan ajang internasional tersebut, Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna menyatakan pihaknya belum memasang target gelar bagi para atlet. PBSI masih ingin melakukan evaluasi pada kondisi atlet yang berlaga di tur Eropa.

“Saya harus evaluasi dulu kondisi terakhir teman-teman (atlet). Sudah barang tentu (kita ingin) sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” ujar Agung dalam konferensi pers virtual jelang Daihatsu Indonesia Masters 2021, Rabu (3/11/2021) siang.

“Saat ini yang bisa kami sampaikan, kami tidak menyatakan target, tetapi akan mendorong agar atlet-atlet kita dapat menunjukkan kemampuan terbaik dengan terlebih dahulu kita evaluasi kondisinya,” sambung Ketua Umum PBSI.

Lebih lanjut, Agung menyatakan sejumlah atlet andalan Indonesia, termasuk Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting masih perlu dilihat. Oleh karena itu, pihaknya ingin mengumpulkan seluruh atlet dan melakukan evaluasi sebelum akhirnya menentukan target gelar juara pada ajang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pebulu Tangkis Top Dunia

Di sisi lain, sejumlah pebulu tangkis top dunia dikonfirmasi bakal hadir dalam Daihatsu Indonesia Masters 2021. Beberapa di antaranya adalah peraih emas Olimpiade Viktor Axelsen, pemegang ranking satu dunia asal Jepang Kento Momota, serta juara All England 2021 Lee Zii Jia.

Sementara itu, sektor tunggal putri akan diramaikan oleh Akane Yamaguchi asal Jepang, Pusarla V. Sindhu dari India, hingga Ratchanok Intanon dari Thailand. Adapun, rival The Minions, Lee Yang/Wang Chi-lin asal China Taipei juga tak absen ikut serta dalam kejuaraan ini.

3 dari 4 halaman

Total Hadiah

Masuk dalam kategori kejuaraan Super 750, Daihatsu Indonesia Masters 2021 kabarnya akan menyediakan total hadiah senilai USD 600.000 atau setara dengan kurang lebih Rp8,5 miliar.

Menurut Agung, terdapat 256 atlet dari 26 negara yang akan bertanding di ajang tersebut. Jumlah ini masih terus bergeral dan diprediksi bisa mencapai 300-an peserta. Sejumlah wasit dari 12 negara juga turut berpartisipasi menyukseskan kejuaraan tersebut.

4 dari 4 halaman

Digelar Tanpa Penonton

Akibat kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir, Daihatsu Indonesia Masters 2021 dipastikan akan digelar tanpa penonton. Di samping itu, panitia juga akan menerapkan sistem bubble guna mencegah penularan selama ajang berlangsung.

“Turnamen ini akan berlangsung dalam sistem bubble, sistem gelembung, sehingga tanpa dihadiri penonton dalam rangka menjaga agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (3/11/2021).

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.