Sukses

Bintang Liverpool Mohamed Salah Masuk 50 Muslim Berpengaruh Dunia 2022

Salah menempati posisi 41 di daftar 50 Muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Penyerang sayap Liverpool Mohamed Salah menjadi satu-satunya pesepakbola yang masuk dalam daftar 50 Muslim paling berpengaruh di dunia pada tahun 2022. Salah berada di posisi 41.

Daftar 50 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia ini dibuat oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre atau RISSC). Mereka rutin mengeluarkan daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh setiap tahunnya.

Mohamed Salah masuk daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh karena prestasi dan kehebatannya di dalam dan luar lapangan. Salah sukses menjadi mesin gol Liverpool.

Tak hanya itu, Salah juga berperan mengurangi Islamphobia di Inggris terutama kota Liverpool. Kehadiran Salah di Liverpool memiliki efek yang belum pernah terjadi sebelumnya dari para penggemar sepak bola.

Fans Liverpool sekarang sering menyanyikan lagu-lagu positif tentang Muslim: "Jika dia cukup baik untuk Anda, dia cukup baik untuk saya. Jika dia mencetak beberapa gol lagi, maka saya juga akan menjadi Muslim. Duduk di masjid, di situlah saya ingin berada! Mo Salah-la-la-la, la-la-la-la-la-la-la.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Politisi dan Pemuka Agama

Terpilihnya pesepakbola Mesir ini masuk daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh dunia 2022 sangat luar biasa. Pasalnya mayoritas yang masuk daftar merupakan pemimpin negara Islam atau pemuka agama.

Posisi pertama daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh di dunia 2022 adalah HH Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani yang merupakan Emir Qatar.

3 dari 3 halaman

Indonesia

Indonesia juga menempatkan tiga wakil di daftar 50 tokoh Muslim berpengaruh 2022 yakni Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, dan ulama Habib Luthfi bin Yahya.

Jokowi menempati posisi 13. Jokowi turun satu peringkat dimana pada 2021 berada di urutan 12. Said Aqil sendiri berada di posisi 19. Sedangkan Habib Luthfi berada di posisi 32.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.