Sukses

Ungkit Soal Liga Super Eropa, Luke Shaw Sebut CEO MU Perlakukan Pemain Seperti Anak Kecil

Luke Shaw menyebut Wakil CEO MU Ed Woodward memperlakukan para pemain layaknya anak-anak di tengah kontroversi Liga Super Eropa yang berlangsung beberapa bulan silam

Liputan6.com, Jakarta Pemain Manchester United (MU) Luke Shaw menyebut Wakil CEO Ed Woodward memperlakukan para pemain klub layaknya anak-anak di tengah rencana untuk ikut serta dalam Liga Super Eropa (European Super League).

Melansir Metro.co.uk, Setan Merah termasuk dalam enam klub Liga Inggris–bersama Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Tottenham Hotspur–yang sempat mengonfirmasi rencana bergabung sebagai anggota pendiri Liga Super Eropa pada April lalu.

Namun, akibat kecaman keras dari para penggemar, pihak Liga Premier, UEFA, dan pemerintah, klub tersebut lantas membatalkan keputusan mereka untuk bergabung setelah 72 jam berselang.

Woodward disebut memiliki peran besar dalam mendorong masuknya MU ke Liga Super Eropa. Tak hanya memperoleh kecaman keras dari pendukung, langkah tersebut juga rupanya membuat para pemain merasa terluka.

Menurut laporan Metro.co.uk, Woodward mengadakan panggilan Zoom dengan para pemain MU dan Direktur Sepak Bola John Murtough guna menjelaskan keuntungan yang didapat klub jika bergabung dengan Liga Super Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Balik Luke Shaw

Luke Shaw lantas memimpin serangan balik atas langkah tersebut. Shaw marah pada keputusan klub untuk terus melangkah tanpa lebih dulu berkonsultasi dengan para pemain. Padahal, hal ini bisa saja berdampak serius pada kontrak dan karier bermain mereka.

Lebih lanjut, laporan mengeklaim bahwa Shaw merasa dirinya dan rekan setimnya telah diperlakukan layaknya anak-anak, atau bahkan lebih buruk. Mereka dianggap menyerupai aset dibanding manusia dalam kasus Liga Super Eropa.

3 dari 4 halaman

Respons Bruno Fernandes

Tak hanya Shaw, Bruno Fernandes juga dikabarkan jadi pemain yang menentang keputusan klub kala itu. Melansir Metro.co.uk, Fernandes bahkan mempertimbangkan rencana untuk hengkang jika MU tak membatalkan rencana mereka.

Penolakan Shaw dan Fernandes akhirnya didengarkan pihak klub. Sementara itu, Woodward memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya dan akan meninggalkan perannya di MU pada akhir 2022.

4 dari 4 halaman

Woodward dan Liga Super Eropa

Dikutip dari Sky Sports, MU sama sekali tak menyebutkan soal Liga Super Eropa ketika mengonfirmasi soal pengunduran diri Woodward.

Namun, kepergian sang Wakil CEO hanya berselang beberapa jam dari munculnya keputusan klub untuk bergabung dengan enam besar klub Liga Premier lainnya yang kembali menarik diri dari kompetisi Liga Super Eropa.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Luke Shaw adalah pemain sepak bola profesional yang bermain di tim Manchester United dan tim nasional Inggris.
    Luke Shaw adalah pemain sepak bola profesional yang bermain di tim Manchester United dan tim nasional Inggris.

    Luke Shaw

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ed Woodward