Sukses

Jojo Persembahkan Thomas Cup 2020 kepada Seluruh Rakyat Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Setelah menanti selama 19 tahun lamanya, Indonesia akhirnya berhasil membawa pulang lagi gelar juara Thomas Cup. Jonatan Christie atau akrab disapa Jojo yang ikut  mewakili skuat Merah Putih di nomor tunggal putra ingin mempersembahkan trofi tersebut kepada seluruh rakyat Indonesia.  

Jojo menjadi penentu kemenangan Indonesia di babak final Thomas Cup tahun ini. Di partai ketiga, Jojo sukses mengalahkan wakil China, Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21, dan 21-14. Kemenangan ini sekaligus mengandaskan perlawanan tim Tirai Bambu yang juga kalah di dua laga sebelumnya. 

Indonesia menang 3-0 pada partai puncak yang berlangsung di Ceres Arena Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). "Kemenangan ini kami persembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Jonatan usai pertandingan seperti dikutip dari kantor berita, Antaranews.com, Senin (19/10/2021). 

"Kami persembahkan kemenangan dengan merebut kembali Piala Thomas untuk keluarga, pelatih, tim pendukung, pengurus PBSI dan para pencinta bulu tangkis Indonesia," Jonatan Christie menambahkan.

Keberhasilan Jonatan Chrstie dan kawan-kawan membawa pulang gelar Thomas Cup 2020 sekaligus mengakhiri penantian panjang publik Tanah Air terhadap kembalinya gelar beregu putra tersebut.

Terakhir kali Indonesia berhasil merebut gelar ini pada tahun 2002 lalu. Saat ini, Indonesia pun mengungguli China sebagai pebgoleksi gelar Thomas Cup terbanyak dengan total 14 gelar. Sementara China berada di urutan kedua dengan 10 gelar, disusul Malaysia dengan 5 trofi. 

Jonatan mengaku sempat kehilangan satu set saat berhadapan dengan Shi Feng. Meski demikian, Jojo mengaku sudah mengeluarkan permainan terbaiknya dan berhasil menutup gim dengan skor 2-1.

"Tadi saya bermain baik, meski gim kedua sempat kalah. Di gim kedua saya sudah berusaha mengejar, namun sudah terlambat. Tapi di gim ketiga saya bangkit dan berjuang lagi," beber Jojo menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Komentar Kapten Tim

Sementara itu, kapten tim Indonesia di ajang Thomas Cup 2020, Hendra Setiawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yag terlah berjuang maksimal dan berhasil membawa pulang trofi Thomas Cup 2020. 

Menurutnya, keberhasilan mereka tidak lepas dari kebersamaan dan kekompakan semua pihak.

"Terima kasih kepada pelatih dan tim pendukung yang telah bekerja kompak hingga kita juara."

 

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Final Thomas Cup

Tunggal 1

Anthony Ginting vs Lu Guang Zu: 18-21, 21-14, 21-16

Ganda 1

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong: 21-12, 21-19

Tunggal 2

Jonatan Christie vs Li Shi Feng: 21-14, 18-21, 21-14

Ganda 2

Daniel Marthin/Kevin Sanjaya vs Liu Cheng/Wang Yi Lyu: Tidak dimainkan

Tunggal 3

Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang: Tidak dimainkan