Sukses

Kirab Api PON Papua Lintasi Danau Sentani dan Kampung Adat Jayapura

Kirab api PON Papua akan dilakukan di Kabupaten Jayapura mulai hari ini 1 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta- Kirab api Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 rencananya bakal melewati Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Api PON dijadwalkan singgah di empat lokasi di sekitar Danau Sentani.

Titik keberangkatan kirab api PON 2021 ini dimulai dari Danau Sentani bagian Barat atau Waibhu menuju ke Sentani Tengah (Norobhu), Jembatan Kuning hingga masuk ke Sentani Timur (Daribhu), Panai Kalkhote dan akhirnya masuk ke Stadion Utama Lukas Enembe.

"Api PON Papua akan tiba Kabupaten Jayapura 1 Oktober 2021 jam 08.00 WIT pagi tiba di Bandara Sentani, Api PON akan diarak ke Kota Jayapura dari pukul 08.00 WIT hingga 15.00 WIT, dan singgah di lapangan Wali Kota Jayapura nantinya akan ada pentas seni dan budaya yang akan menghibur rombongan pembawa Api PON," kata Koordinator Bidang Upacara Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Eqberth C Kopeuw, di Media Center PON XX Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Kamis (30/9/2021).

Selanjutnya, pada pukul 15.00 WIT dari kota Jayapura obor api PON akan dibawa oleh tim terbang, tim lari dan tim lainnya ke Kabupaten Jayapura. Di batas kota tepatnya di Telaga Maya obor api akan diterima oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang juga sebagai Ketua Sub PB PON Jayapura.

Dari sana akan dibawa pawai keliling kota Sentani sampai pukul 17.30 WIT, kemudian Kirab Api PON akan diinapkan di kantor Bupati Gunung Merah.

Lebih lanjut, Eqberth C Kopeuw menjelaskan, pada 2 Oktober 2021 obor api PON mulai pukul 08.00 WIT akan dibawa keliling danau lewat Pantai Toware. Setelah itu, Bupati Jayapura menyerahkan obor dua atlet Papua asal Jayapura, Kartika Monim (voli indoor) dan Erni Sokoy (dayung). Kedua atlet ini bakal juga ditemani oleh artis Raffi Ahmad.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

240 Orang

Ada 240 orang yang turut mendampingi kedua atlet Jayapura tersebut hingga masuk di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Kegiatan akan melibatkan 60-70 perahu saat rombongan Kirab Api PON menyeberangi Danau Sentani.

"Kemudian kami bersama-sama membawa Api PON dengan mantan-mantan atlet yang berprestasi di Kabupaten Jayapura sebanyak 100 orang dan semua komponen akan beriringan masuk ke Stadion Utama Lukas Enembe. Diharapkan pukul 14.30 WIT sudah tiba di stadion untuk persiapan dua sampai tiga jam lalu diserahkan kepada panitia Opening Closing Cermony (OCC) atau panitia pembukaan dan penutupan PON XX Papua 2021," tukasnya.

 

3 dari 3 halaman

Bangga

Sementara itu, Kepala Distrik Waibhu, Jenny Susan Deda mengatakan, masyarakat adat di Waibhu sangat siap dan antusias sekali dalam menyukseskan PON XX Papua 2021. Terlebih lagi Kirab Obor Api PON akan melewati wilayah Waibhu. Menyongsong kedatangan Api PON, dirinya bersama warga membersihkan wilayah, menyiapkan tim tari untuk menyambut tamu PON Papua. Tim penari sudah latihan, kostum juga telah disiapkan.

Jenny menambahkan, masyarakat Distrik Waibhu merasa bangga tanah kelahirannya menjadi tuan rumah PON yang hanya terjadi empat tahun sekali. Terlebih lagi Kirab Api PON akan lewat wilayah depan rumahnya.

"Para kepala suku adat mendukung kegiatan ini. Terbukti setiap kegiatan kami rapat terkait kirab mereka hadir memberikan masukan-masukan dan dukungan yang positif. Seperti mengarahkan masyarakat untuk vaksin. Karena masyarakat yang akan ikut memeriahkan PON wajib vaksin dari mulai kepala kampung, pihak adat, kepala gereja turun menggerakan masyarakat untuk ikut vaksin," jelasnya.

Saat ini masyarakat Waibhu sedang sibuk menghias Dermaga Toware yang akan dilintasi Kirab Api PON Papua. Ondoporo Waibhu (kepala suku adat) menyatakan, ia bersama masyarakat telah siap menyambut Kirab Api PON Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.