Sukses

Jadi Penyelamat Christian Eriksen, Kapten Denmark Dapat Penghargaan UEFA

Kapten Timnas Denmark Simon Kjaer dan tim medis memperoleh Penghargaan Presiden UEFA atas jasa mereka dalam menangani Christian Eriksen yang kolaps di Euro 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Timnas Denmark Simon Kjaer bersama sejumlah tenaga medis menerima penghargaan dari UEFA atas upaya mereka menangani insiden yang terjadi di laga pembuka Euro 2020 Juni lalu.

Pemain berusia 32 tahun ini membantu menyelamatkan nyawa rekan senegaranya, Christian Eriksen, yang kolaps di tengah pertandingan antara Denmark melawan Finlandia pada Minggu (13/6/2021) dini hari WIB.

Melansir Goal.com, Eriksen kala itu mengalami serangan jantung hingga menyebabkan dirinya ambruk di lapangan. Kjaer dan staf medis segera mengambil tindakan untuk mengembalikan kesadaran gelandang berusia 29 tahun tersebut.

Sang kapten tim berupaya memberi CPR untuk rekan senegaranya di lapangan, sementara tim medis Denmark bersama staf on-site menggunakan defibrillator untuk membangunkan Christian Eriksen.

Berkat kesigapan dan upaya kedua pihak, Kjaer bersama tim medis diganjar hadiah berupa Penghargaan Presiden UEFA 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pahlawan Sejati Euro 2020

Melalui pernyataan di situs resminya, Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyebut para penerima penghargaan sebagai pahlawan sejati Euro 2020. Ceferin bahkan mengaku sangat terhomat bisa memberi penghargaan kepada mereka.

“Ini berfungsi sebagai pengingat penting dan abadi mengenai betapa berharganya hidup. Saya juga ingin mengirimkan doa terbaik untuk Christian Eriksen dan keluarganya yang masih melanjutkan masa pemulihan,” ujar Ceferin seperti dikutip dari Goal.com.

3 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih Eriksen

Tak hanya Presiden UEFA, Eriksen juga mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diterimanya dari tim medis, rekan-rekan Timnas Denmark, serta para penggemarnya.

“Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Morten (Skjoldager), Morten (Boesen), dan tim medis yang menolong di Stadion Parken pada 12 Juni (waktu setempat). Kalian melakukan pekerjaan hebat dan menyelamatkan hidupku,” ungkap Eriksen, dilansir dari Goal.com.

“Juga, terima kasih banyak kepada teman sekaligus kapten Simon (Kjaer), serta rekan-rekan di Timnas Denmark, atas dukungan (kalian), baik pada 12 Juni maupun setelahnya. Terima kasih untuk semua pendukung yang telah mengirim pesan kepadaku dan keluargaku. Itu sangat berarti dan telah memberi kami kekuatan. Terima kasih,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Penerima Penghargaan Presiden UEFA

Tim Medis On-site

Mogens Kreutzfeldt (kepala petugas medis)

Frederik Flensted (manajer medis stadion)

Anders Boesen (dokter darurat di pinggir lapangan)

Peder Ersgaard (paramedis)

Petugas Medis UEFA di Tempat

Jens Kleinefeld

Valentin Velikov

Tim Medis Nasional Denmark

Morten Skjoldager (physio yang mendampingi dokter tim)

Morten Boesen (dokter tim)

Simon Kjaer (Kapten Timnas Denmark)

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.