Sukses

Jake Dixon Bela Petronas SRT, Cal Crutchlow ke Tim Pabrikan Yamaha di MotoGP Inggris 2021

Petronas SRT Yamaha resmi menunjuk pembalap Moto2 Jake Dixon untuk tampil di MotoGP Inggris 2021.

Liputan6.com, London - Petronas SRT Yamaha resmi menunjuk pembalap Moto2 Jake Dixon untuk tampil di MotoGP Inggris 2021. Dia menggantikan Franco Morbidelli yang cedera. 

Sebelumnya Petronas SRT menggunakan pembalap penguji Yamaha Cal Crutchlow untuk menunggangi kuda besi milik Morbidelli. Namun, Crutchlow bakal membela tim pabrikan Monster Energy Yamaha di Silverstone menyusul pemecatan Maverick Vinales.

"Melakoni debut di MotoGP di kandang sendiri adalah mimpi jadi kenyataan. Tentu bakal sulit, tapi saya tidak sabar segera menjalaninya," kata Dixon.

Dengan langkah ini, Petronas Sprinta Racing akan mengumumkan siapa pengganti Dixon untuk balapan Moto2 Silverstone bersama Xavi Vierge.

"Ini balapan kandang dan Jake tahu luar dalam Silverstone. Pendukung tuan rumah juga punya jagoan baru di kelas utama," kata Kepala Petronas SRT Razlan Razali, dilansir situs resmi MotoGP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Domino Vinales

Terjadi kekosongan di kursi Yamaha setelah Tim Tiga Garpu Tala dan Maverick Vinales mempercepat perceraian, Jumat (20/6/2021).  Kedua pihak sebelumnya sudah sepakat memangkas durasi kontrak setahun dan hanya bakal bersatu hingga akhir MotoGP 2021.

Namun, insiden di MotoGP Styria mengubah segalanya. Frustasi dengan jalannya lomba, Vinales berulah dan berpotensi menimbulkan kerusakan mesin. Yamaha kemudian menghukumnya untuk tidak tampil di MotoGP Austria akhir pekan lalu.

 

3 dari 3 halaman

Demi Gelar Pabrikan dan Tim

Dengan hengkangnya Vinales, Yamaha membutuhkan pembalap baru di sisa 2021. Mereka bakal menentukan apakah tetap menggunakan  Crutchlow hingga akhir musim atau tidak.

Yang jelas, Yamaha butuh dua pembalap untuk memperkuat posisi pada persaingan gelar pabrikan atau tim. Sebelumnya mereka sempat hanya mengandalkan Quartararo pada MotoGP Austria ketika Vinales diskors.

Saat ini Yamaha tertinggal tiga angka dari Ducati pada klasemen pabrikan. Sementara Monster Energy Yamaha memimpin 37 dari Ducati Lenovo di tabel tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.