Sukses

Bola Ganjil: Trofi 1,8 Meter Jadi Primadona Ajang Pembuka Liga Inggris

Simak cikal bakal Community Shield, ajang pembuka musim baru di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola yang kita kenal sekarang tidak langsung tercipta. Kebanyakan merupakan reinkarnasi. Salah satunya adalah Sheriff of London Charity Shield.

Bisa ditebak, ajang itu merupakan embrio dari Charity Shield yang kemudian bernama Community Shield.

Pertandingan mempertemukan tim amatir dan profesional terbaik di Inggris. Klub Skotlandia Queen's Park bahkan sempat diundang berpartisipasi pada 1899.

Seperti sekarang, Sheriff of London Charity Shield berlangsung pada periode 1898 hingga 1907 sebagai laga pembuka kompetisi.

Tim profesional biasanya diwakili para juara liga, kadang pemenang Piala FA. Sementara Corinthian menjadi delegasi abadi tim amatir sepanjang penyelenggaraan kompetisi.

Corinthian merupakan tim amatir terbaik di Inggris pada masanya. Sepak terjang mereka menginspirasi pelaku sepak bola di berbagai penjuru dunia. Real Madrid memakai seragam putih seperti Corinthian. Sementara pekerja kereta api di Sao Paulo mendirikan Sport Club Corinthians Paulista.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skor Mencolok

Sheriff of London Charity Shield menggunakan format satu pertandingan. Namun, laga ulangan digelar jika kedua tim bermain imbang karena sepak bola saat itu belum mengenal perpanjangan waktu atau adu penalti.

Salah satu partai paling mencolok terjadi pada 1904. Ketika itu Corinthian menghajar Bury 10-3.

 

3 dari 4 halaman

Trofi Megah

Namun, daya tarik utama Sheriff of London Charity Shield adalah trofi. Sheriff London ketika itu, John Dewar, menginstruksikan untuk menciptakan piala megah dan besar.

Hasilnya adalah trofi terbesar sepanjang sejarah sepak bola. Piala Sheriff of London Charity Shield memiliki tinggi 1,8 meter. Dokumentasi yang ada menunjukkan besar penghargaan itu melampaui para pemenang yang berpose di sampingnya.

4 dari 4 halaman

Dilelang

Tahun 1907 menjadi edisi pamungkas penyelenggaraan Sheriff of London Charity Shield. Terjadi polemik di internal Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang kemudian berujung lahirnya Asosiasi Sepak Bola Amatir Inggris.

FA menghadirkan ajang reguler baru bernama Charity Shield, yang kemudian menjadi Community Shield pada 2002.

Trofi Sheriff of London Charity Shield kemudian disimpan. Beberapa kali gelar ini diperebutkan untuk alasan amal, tiga kali masing-masing pada 1930-an dan 1960-an, serta sekali di 1980-an.

Piala Sheriff of London Charity Shield dilelang oleh Corinthian-Casuals, hasil merger dua klub amatir Corinthian dan Casuals, pada 1993. Dana yang terkumpul mencapai 25 ribu poundsterling dan digunakan untuk membenahi kondisi lapangan klub agar tahan berbagai cuaca.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.