Sukses

Jelang Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2021 : Brasil dan Spanyol Ingin Ulang Kesuksesan

Liputan6.com, Jakarta Spanyol berhasil menaklukkan tuan rumah Jepang pada semifinal sepak bola Olimpiade Tokyo 2020. Pada laga yang berlangsung di Saitama Stadium, Selasa kemarin (3/8/2021), La Furia Roja menang 1-0 melalui perpanjangan waktu.

Pemain pengganti Marco Asensio menentukan kemenangan Spanyol pada pertandingan ini di menit ke-115. Dengan kemenangan ini Spanyol akan bertemu Brasil di laga final Sabtu 7 Agustus mendatang.

Di tempat lain, juara bertahan Brasil juga harus berjuang untuk mencapai final. Mereka mengalahkan Meksiko 4-1 lewat adu penalti setelah pertandingan berakhir tanpa gol setelah perpanjangan waktu.

Spanyol ingin mengulangi kesuksesan medali emas mereka di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992. Tapi, perjuangan meraka cukup berat, karena harus mengalahkan pemenang Rio dari lima tahun lalu.

“Mereka adalah tim yang berkualitas, kami tahu itu dan kami tahu bahwa jika kami ingin memenangkan medali emas, kami harus melawan tim terbaik di sini,” kata bek Spanyol Eric Garcia.

2 dari 5 halaman

Terima Kasih

Di sisi lain Brasil nyaris menyelesaikan pertandingan mereka melawan Meksiko dalam 90 menit ketika sundulan Richarlison membentur tiang pada menit ke-82.

Namun, saat adu penalti, mereka harus berterima kasih kepada kiper mereka Santos untuk penyelamatan bagus mencegah tendangan penalti Eduardo Aguirre setelah sepakan Johan Vasquez dari Meksiko membentur tiang..

3 dari 5 halaman

Mimpi

Hingga akhirnya tembakan kaki kanan Reiner ke sudut bawah memastikan kemenangan bagi tim yang dikapteni oleh mantan bek sayap Barcelona berusia 38 tahun, Dani Alves.

“Bermain di final Olimpiade adalah mimpi,” kata pelatih Brasil Andre Jardine. “Film yang juga saya tonton malam ini adalah film kehidupan… Semua yang telah kita lalui. Meskipun kami tidak menang dalam 90 menit, kami mengambil lebih banyak risiko, ”tambahnya.

4 dari 5 halaman

Sejarah

Dengan hasil ini, Spanyol menciptakan final idaman melawan juara bertahan Brasil. Anak asuh Luis de la Fuente akan berusaha memenangkan medali emas kedua sepanjang sejarah setelah kesuksesan 1992.

Meski tumbang, Jepang masih berpeluang mengakhiri paceklik medali Olimpiade. Terakhir kali mereka naik podium terjadi di Mexico City 1968 ketika merebut perunggu.

Spanyol menghadapi Brasil pada Sabtu (7/8/2021) di Yokohama International Stadium. Sedangkan Jepang meladeni Meksiko di Saitama sehari sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Infografis