Sukses

Presiden Barcelona Ungkap Situasi Kontrak Lionel Messi

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi sekarang berstatus agen bebas dan belum menandatangani kontrak baru di Barcelona. Ia bisa bergabung dengan klub mana pun di dunia, tapi klub Catalan yakin pemenang Copa America 2021 ini akan segera menandatangani kontrak baru.

Ketika ditanya mengenai situasi kontrak Lionel Messi, Presiden Barcelona Joan Laporta menyatakan puas dengan perkembangan situasinya. "Messi? Pesannya adalah ketenangan dan kesabaran," kata Laporta seperti dikutip Marca.

"Terkadang, Anda harus memainkan permainan kelereng. Semua akan baik-baik saja. Para profesional melakukan pekerjaan dengan baik."

"Kami sangat puas dengan bagaimana semuanya berjalan, tetapi Anda sudah tahu bahwa ini adalah pasar khusus yang membutuhkan kesabaran dan keterampilan," ucap Laporta menambahkan.

"Tapi, saya percaya bahwa kami akan dapat memberikan kabar baik saat musim panas tiba."

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Tagihan gaji

Barcelona tidak dapat mendaftarkan pemain barunya sampai mengurangi tagihan gaji secara signifikan sesuai aturan La Liga Spanyol akibat pandemi Covid-19. Blaugrana punya batasan anggaran gaji senilai 382,717 juta euro untuk musim 2020-21.

Jumlah ini turun begitu jauh dari pengeluaran gaji Barcelona untuk musim lalu yang sebesar 671,43 juta. El Barca adalah tim dengan pengeluaran gaji terbesar di La Liga Spanyol musim lalu.

The Catalans telah merekrut Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Memphis Depay dengan status agen bebas. Di sisi lain, Barcelona telah melepas Junior Firpo, Francisco Trincao, dan Matheus Fernandes.

Tetapi, pengeluaran gaji Barcelona masih di atas batas yang ditetapkan oleh La Liga Spanyol. Karena itu, klub asuhan Ronald Koeman ini akan meminjamkan dan menjual beberapa pemainnya. 

3 dari 3 halaman

Presiden La Liga menolak membantu

Presiden La Liga Spanyol Javier Tebas menolak mengubah aturan sehingga Barcelona bisa mendaftakan Messi. Dia telah menyatakan bahwa aturan akan tetap sama untuk semua klub tanpa pengecualian.

"Tidak, saya tak akan (menutup mata) untuk Messi, itu tidak mungkin. Ada banyak pekerja (di La Liga) dan di (departemen) kontrol ekonomi juga," kata Tebas. "Ini adalah hak yang dimiliki klub dan kami harus menjaga integritas La Liga.

"Kami sering harus menjelaskan (kontrol ekonomi) kepada agen dan pemain karena mereka tidak mengetahuinya atau berpikir klub menipu mereka, dan kami harus menjelaskannya dalam beberapa tahun terakhir," pungkas Tebas.

Messi dilaporkan telah menyetujui kontrak lima tahun dengan Barcelona yang akan mengurangi gajinya hingga 50 persen.