Sukses

Klub Tidak Bisa Berlatih selama PPKM Darurat, LIB: Liga 1 Mungkin Akhir Agustus

Liga 1 2021-2022 kemungkinan besar dimulai pada akhir Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Liga 1 2021-2022 kemungkinan besar dimulai pada akhir Agustus. Klub meminta waktu mempersiapkan diri setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

LIB dan klub sudah membicarakan hal ini dalam rapat virtual bersama PSSI pada 2 Juli 2021.

"Masukan dari klub kepada kami, Liga 1 dimulai sekitar satu bulan setelah PPKM Darurat. Jadi bisa saja tanggal 20 Agustus 2021. Kami masih menyelaraskannya dengan agenda AFC dan FIFA," ujar Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno, dilansir Antara.

Sudjarno menyebut klub ingin Liga 1 dimulai setidaknya sebulan setelah PPKM Darurat. Pasalnya, mereka tidak dapat berlatih selama kebijakan pemerintah untuk menekan laju Covid-19 di Jawa dan Bali tersebut berlaku pada 3-20 Juli 2021.

"Ada klub yang tidak bisa berlatih karena PPKM Darurat. Jadi, misalnya dimulai akhir Juli akan sangat mepet, tidak mungkin," katanya.

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjalan Lancar

Setelah memiliki rancangan yang solid, LIB akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lain seperti Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Mabes Polri.

Hal itu penting agar kompetisi berjalan lancar selama pandemi Covid-19. "Kami meminta petunjuk dari pada stakeholder," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Mundur Sebulan

PSSI dan LIB akhir bulan lalu menunda Liga 1 dan 2 Indonesia 2021-2022, yang rencananya dimulai 9 Juli 2021, sesuai instruksi dari Satgas Penanganan Covid-19 hingga akhir Juli.

Sementara format kompetisi sesuai rancangan awal dengan enam seri dan dilaksanakan di tiga klaster di Pulau Jawa.

"Untuk format tidak berubah, begitu juga halnya dengan klaster. Yang jelas, waktu penyelenggaraan kemungkinan akan berubah, termasuk waktu jeda antarseri," ujar Sudjarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.