Sukses

Euro 2020 / 2021: Sosok Terpenting di Balik Sukses Italia

Liputan6.com, Roma - Italia tampil impresif di Euro 2020. Gli Azzuri berhasil menyapu bersih tiga laga grup dengan kemenangan. Tak hanya itu, mereka juga tidak kebobolan sekalipun.

Eks pemain Timnas Inggris Micah Richards menyebut sosok kunci keberhasilan Italia sejauh ini adalah kehadiran pelatih Roberto Mancini. Tak tanggung-tanggung, dia bahkan menyebut Mancini sebagai salah satu manajer terbaik di dunia dan pantas lebih dihormati atas prestasinya.

“Anda menyaksikan salah satu manajer terbaik dunia pada masa jayanya. Saya heran mengapa, misalnya, Tottenham Hotspur dan Everton tidak menargetkannya sebagai kandidat manajer baru,” ujar Richards seperti dilansir Football Italia.

Richards, yang pernah menjadi anak asuh Mancini ketika memperkuat Manchester City, menyebut kedisiplinan pemain sebagai hal yang paling dituntut Mancini.

“Tanpa henti dia menantang Anda secara mental. Beberapa orang di skuat dulu merasa seperti dibawa kembali ke sekolah dengan metodenya," cetus Richards.

“Dia adalah alasan Italia terlihat seperti calon pemenang Piala Eropa 2020," tuturnya.

2 dari 4 halaman

Polesan Mancini

Sejak ditunjuk pada Oktober 2018, Mancini mengemban tugas mengembalikan reputasi Italia. Pasalnya, pendahulunya Gian Piero Ventura gagal membawa tim lolos ke Piala Dunia 2018.

Setelah itu Mancini langsung merubah gaya permainan Italia dan meninggalkan permainan bertahan yang identik dengan tim.

Kini, permainan bola pendek dari kaki ke kaki dan bermain lebih ofensif menjadi andalan Gli Azzuri. Namun, karakter pertahanan solid tetap ada. Alhasil Giorgio Chiellini dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam 30 pertandingan terakhir.

 

(Akbar Bintang Fahrizal)

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini