Sukses

Kala Christian Eriksen Mati Suri di Rumput Hijau

Liputan6.com, Jakarta - Euro 2020 / 2021 hampir memakan korban jiwa. Gelandang timnas Denmark Christian Eriksen tersungkur tak sadarkan diri di lapangan akibat serangan jantung saat berlaga melawan Islandia pada 12 Juni 2021.

Beruntung nyawa Eriksen terselamatkan meski sempat mati suri di lapangan. Kesigapan rekan setim dan tim medis membuat pemain Inter Milan itu sadarkan diri. Namun kelanjutan karier sepak bola Eriksen terancam.

"Dia meninggal. Itu serangan jantung. Kami segera melakukan CPR. Kami mendapatkannya kembali setelah satu defibrilasi (kejut listrik pada jantung)," ungkap kepala tim dokter yang menangani Eriksen, Martin Boasen.

 

Tim medis Denmark bekerja keras menyelamatkan nyawa Christian Eriksen saat tersungkur di laga Euro 2020 melawan Islandia. Kapten Simon Kjaer sangat berperan dalam penanganan awal Eriksen.

Kjaer menarik lidah Eriksen sebelum tim medis masuk ke lapangan. Aksi Kjaer ini sangat vital menyelamatkan nyawa Eriksen.

 

Para pemain timnas Denmark sesuai arahan kapten tim Simon Kjaer berdiri mengelilingi Eriksen yang sedang mendapat perawatan dari tim medis di lapangan usai tersungkur akibat serangan jantung. 

Aksi ini dilakukan agar Eriksen terhindar dari jepretan kamera media maupun fans yang menyaksikan langsung di stadion. Kejadian tragis ini dinilai tak layak untuk disebarluaskan di media sosial.

 

Pemain Denmark Christian Eriksen ditutupi kain putih saat mendapat perawatan medis di lapangan. Eriksen sempat mati suri setelah terkena serangan jantung.

Akibat kejadian ini belum diketahui apakah Eriksen akan bisa bermain sepak bola lagi. Beberapa pemain harus pensiun dini karena sakit jantung.

 

Kekasih Christian Eriksen, Sabrina Kvist Jensen, sangat panik melihat insiden yang dialami pemain Inter Milan itu. Sabrina sempat ingin masuk ke dalam lapangan menghampiri Eriksen. 

Sabrina ditenangkan oleh kapten Denmark Simon Kjaer dan penjaga gawang Kasper Schmeichel. Kjaer menuai pujian karena begitu sigap menghadapi insiden Eriksen.

 

Paramedis menandu Christian Eriksen keluar dari lapangan setelah pingsan pada laga Denmark vs Finlandia di Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Sabtu 12 Juni 2021. Eriksen tiba-tiba terjatuh dan kehilangan kesadaran saat hendak menyambut lemparan ke dalam.

"Terima kasih, saya tidak akan menyerah," begitu komentar pertama Eriksen. Dia dipastikan tidak akan bisa bermain lagi di sisa Euro 2020. Timnas De Mar juga ikut terpengaruh. Tanpa Eriksen, mereka terpuruk di perhelatan yang digelar pada Juni-Juli 2021 ini.

 

Orang-orang menulis dukungan pada mural untuk gelandang timnas Denmark Christian Eriksen di dinding fanzone di Kopenhagen, Senin 14 Juni 2021. Eriksen mengalami serangan jantung dan sempat tak sadarkan diri saat memperkuat timnas Denmark vs Finlandia di Euro 2020.

Kejadiannya memilukan yang menimpa Eriksen di laga Denmark melawan Islandia membuat banyak pihak bersimpati. Fans tim lawan juga ikut bersedih.

 

Jersey raksasa untuk mendukung bintang timnas Denmark, Christian Eriksen ditampilkan menjelang laga grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis 17 Juni 2021. Duel Denmark vs Belgia berhenti sejenak pada menit ke-10 untuk memberi penghormatan kepada Eriksen.

Timnas Belgia sangat prihatin dengan kejadian yang dialami Christian Eriksen. Belgia yang menjadi lawan kedua Denmark di Euro 2020 memberikan penghormatan untuk Eriksen.