Sukses

Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Terancam Sanksi UEFA

Otoritas sepak bola Eropa (UEFA) tidak tinggal diam dengan tindakan sejumlah klub menggagas Liga Super Eropa. Hukuman untuk tiga klub inisiator yakni Real Madrid, Barcelona, dan Juventus diberitakan tengah diproses UEFA.

Liputan6.com, Nyon - Otoritas sepak bola Eropa (UEFA) tidak tinggal diam dengan tindakan sejumlah klub menggagas Liga Super Eropa. Hukuman untuk tiga klub inisiator yakni Real Madrid, Barcelona, dan Juventus diberitakan tengah diproses UEFA.

Seperti dilansir Football Espana, UEFA menilai ada pelanggaran yang dibuat ketiga klub tersebut. Hal itu dikeluarkan lewat proses investigasi Komite Disiplin dan Etik UEFA.

Alhasil, ketiga klub tersebut terancam sanksi. Kebetulan, dari 12 klub pengggas, hanya ketiganya yang masih berusaha mengadakan Liga Super Eropa.

Sebelumnya, 12 klub besar Eropa berencana menggagas Liga Super Eropa. Selain ketiga klub di atas, ada juga Manchester United, Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur.

Dari Italia, ada Inter Milan dan AC Milan yang juga ikut serta. Sementara dari Spanyol, Atletico Madrid juga setuju dengan rencana itu.

Namun demikian, semua klub itu mundur setelah ada protes keras dari fans dan para pelaku sepak bola. Mereka menanggap Liga Super Eropa hanya mengutamakan uang.

 

Saksikan Video Liga Super Eropa di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggantikan Liga Champions

Liga Super Eropa rencananya digelar tengah pekan. Kompetisi itu melibatkan klub-klub besar Eropa.

Hal itulah yang dianggap menganaktirikan klub-klub kecil dan liga domestik di masing-masing negara. Selain itu, Liga Super Eropa juga mengancam keberadaan Liga Champions dan Liga Europa.

 

3 dari 3 halaman

Karena Corona

Liga Super Eropa bagi para penggagasnya dianggap mendesak. Pasalnya, Liga Super Eropa dianggap bisa menutupi kerugian akibat pemasukan klub yang berkurang karena pandemi covid-19.

Itu lantaran hanya klub-klub besar saja yang bertanding di Liga Super Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona