Sukses

Asnawi Mangkualam Lebaran via Video Call

Liputan6.com, Jakarta - Asnawi Mangkualam Bahar tidak akan pulang ke Indonesia saat Lebaran. Pemain klub liga Korea Selatan K-League 2 Ansan Greeners tersebut akan menelepon keluarganya via panggilan video (video call) untuk merayakan hari raya umat Islam tersebut.

"Paling nanti waktu Lebaran menelepon orang tua untuk minta maaf," kata Asnawi Mangkualam dalam wawancara dengan PSSI yang diikuti di Jakarta, Senin (10/5/2021), seperti dikutip dari Antara.

Pemain Timnas Indonesia itu tidak mempermasalahkan perayaan Lebaran yang jauh dari sanak famili di Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagai pesepak bola profesional, dirinya sudah terbiasa dengan hal itu.

Kendati demikian, Idul Fitri 2021 tetap terasa berbeda karena untuk kali pertama dia merayakannya di Korea Selatan. Pemain berusia 21 tahun tersebut belum tahu apakah bisa menunaikan salat Idul Fitri di masjid atau tidak mengingat saat ini Korea Selatan juga tengah bertarung melawan pandemi Covid-19.

"Saya sudah bertanya sebenarnya, tetapi belum ada informasi," ujar Asnawi.

 

2 dari 4 halaman

Tetap berpuasa

Asnawi Mangkualam bergabung dengan Ansan Greeners sejak Februari 2021. Bermain di Korea Selatan membuatnya harus beradaptasi, termasuk ketika harus menjalani ibadah puasa dan Lebaran.

Meski demikian, pemain yang membawa PSM Makassar juara Piala Indonesia 2018-19 itu menegaskan puasa tidak mengganggu aktivitasnya di klubnya saat ini. Dia dapat menjalani latihan secara penuh walau saat hari pertandingan dia tidak berpuasa supaya dapat memenuhi diri dengan nutrisi.

3 dari 4 halaman

Lima kali

Hingga kini, Asnawi Mangkualam sudah lima kali memperkuat Ansan Greeners di K-League 2 sebelum akhirnya harus menepi karena cedera. Sejauh ini, dia telah mencatatkan satu assist di liga.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Asnawi Mangkualam di Bawah Ini