Sukses

Bungkam Persib di Piala Menpora 2021, Sudirman: Hasil Ini untuk Ketua Jakmania

Liputan6.com, Solo - Persija Jakarta menaklukkan Persib Bandung 2-0 pada leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/20210). Pelatih Persija Sudirman menyebut kemenangan ini dipersembahkan untuk Ketua Umum The Jakmania, Dicky Soemarno.

"Saya mengucapkan Alhamdulillah ya pertandingan semalam bisa menang lawan Persib. Kemenangan ini sangat penting untuk leg kedua nanti," katanya di Solo Jumat (23/4/2021).

 "Tentunya kemenangan ini kami persembahkan untuk saudara saya ketua Umum Jakmania, Dicky Soemarno yang lagi melawan sakitnya. Semoga, kami harap saudara Dicky bisa sembuh dan juga uuntuk semua Jakmania yang ada di manapun berada," ujar dia.

Sudirman membocorkan alasan memainkan pemain muda, Taufik Hidayat dan  Braif Fatari tidak memainkan Marko Simic. "Memang kita tau bahwa akhir-akhir ini di dua pertandingan terakhir Simic tidak optimal. Saya memberikan dia waktu istirahat supaya bisa refresh dan saya mempercayakan kepada Taufik dan Braif," ungkapnya.

"Alhamdulillah kepercayaan yang saya berikan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mereka. Mudah-mudahan ke depannya pemain-pemain muda yang ada di Persija ini menunjukkan kualitasnya sehingga bisa mengangkat tim di kemudian hari,"

Sudirman menyebut Persija memiliki banyak pemain muda potensial. Namun, dirinya juga harus mempertimbangkan pertandingan dengan frekuensi tinggi.

"Kita memang punya pemain-pemain muda yang punya potensi untuk bisa berkembang. Tapi kita juga harus melihat frekeuensi pertandingan. Kalau memang pemain senior tidak dalam peak performance-nya atau cedera, tentunya kita akan memberi kesempatan pada pemain muda untuk bisa menunjukkan permainan mereka dan alhamdulillah mereka menunjukkan hal yang sangat positif," ungkap Sudirman

2 dari 5 halaman

Modal Leg Kedua

Saat disinggung persiapan untuk leg kedua, Sudirman mengaku sudah mengantongi taktik untuk membawa Persija menjuarai kompetisi pramusim tersebut.

"Kemenangan leg pertama ini bukan jaminan kita sudah lolos. Masih ada pertandingan kedua, tentunya kami semua tetap fokus," ucapnya.

"Tidak boleh merasa kita sudah unggul dalam pertandingan kemarin. Masuk lapangan dalam leg kedua nanti skor masih tetap 0-0," ujar Sudirman.

Persib sempat menjadi tim yang tidak terkalahkan di Piala Menpora 2021. Namun, Sudirman membuktikan Persija mampu menodai rekor tersebut,

"Kita tahu Persib tim belum pernah kalah, tapi selalu kebobolan di tiap pertandingan. Itu menjadi strategi saya kepada pemain. Saya bilang bahwa kalian harus berani menyerang pada saat pegang bola, harus berani masuk kotak penalti. Persib memang tim yang belum pernah kalah, tapi bukan berarti tim yg tidak bisa ditumbangkan," kata Sudirman.

 

3 dari 5 halaman

Tunggu Kondisi Pemain

Sudirmn mengaku banyak yang harus diperbaiki jelang laga leg kedua mendatang. Sebelum itu, dia harus menunggu kondisi pemain. 

"Pertandingan sangat melelahkan. Tentunya semua nanti akan kita evaluasi terus. Mudah-mudahan pemain yang cedera bisa pulih pada laga kedua," tuturnya.

Di sisi lain, Sudirman mengucapkan terima kasih atas kritikan dari para pendukung Persija. Protes dari mereka mendorongnya berbenah. 

"Tentunya kritikan dan masukan dari Jakmania atau dari siapapun itu menjadi jamu bagi saya untuk bisa berbuat yang terbaik untuk Persija. Terima kasih buat Jakmania, terima kasih buat netizen yang mengkritik, yang ngambek ke saya dan itu menjadi obat bagi saya untuk penampilkan yang terbaik buat Persija," tutur dia.

4 dari 5 halaman

Bayar Kepercayaan

Pada kesempatan sama, Taufik Hidayat mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada dirinya. Dia pun berjanji mengembangkan permainan. 

"Saya ucapkan alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan melawan Persib. Saya sangat berterima kasih kepada coach karena saya diberikan kesempatan bermain di laga final ini."

"Saya diberikan kesempatan untuk bisa bermain dan alhamdulilah bisa cetak gol. Tentunya ini pertandingan yang sungguh luar biasa buat pengalaman saya semoga ke depannya saya bisa lebih baik lagi," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini