Sukses

Begini Format European Super League, Jadi Pengganti Liga Champions

Format European Super League diumumkan. Mirip banget Liga Champions. Ada sedikit perbedaannya.

Liputan6.com, Jakarta- Klub-klub ternama Eropa membuat kompetisi baru bernama European Super League atau Liga Super Eropa yang rencananya dimulai Agustus nanti. Ini bakal menjadi tandingan dan mengancam keberadaan Liga Champions.

Wacana soal Liga Super Eropa ini sudah mencuat beberapa bulan terakhir. Klub-klub besar Eropa diam-diam membahas European Super League secara diam-diam.

Baru pada Minggu 18 April 2021, European Super League mengeluarkan pernyataan resmi. Daftar klub peserta, pengurus dan formatnya diumumkan kepada publik.

Sejauh ini 12 klub besar sudah dipastikan ikutan yakni AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Mereka akan berstatus sebagai Founding Clubs. Nantinya ada 15 Founding Clubs. Tiga klub lain masih belum diumumkan. Diduga adalah Bayern Munchen, Paris Saint Germain dan Borussia Dortmund.

Ke-15 klub ini bakal menjadi peserta tetap European Super League. Dalam pernyataan resminya, European Super League diketahui akan diikuti 20 klub tiap musimnya. Lima klub lain bukan peserta tetap.

“20 klub yang berpartisipasi dengan 15 Klub Pendiri dan mekanisme kualifikasi untuk lima tim lainnya untuk lolos setiap tahun berdasarkan pencapaian di musim sebelumnya," demikian pernyataan resmi European Super League.

 

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirip Liga Champions

European Super League benar-benar ingin menjadi pengganti Liga Champions. European Super League digelar di pertengahan pekan. Klub peserta akan tetap ikut bertanding di liga domestik setiap akhir pekannya seperti yang terjadi selama ini.

Ke-20 peserta European Super League akan dibagi dalam dua grup. Masing-masing grup berisi 10 klub. Mereka akan memainkan pertandingan kandang dan tandang sama seperti fase grup Liga Champions.

Tiga tim teratas setiap grupnya kan otomatis lolos ke babak perempat final. Tim yang menempati urutan empat dan lima masing-masing grup harus bersaing di play-off guna memperebutkan tiket tersisa ke perempat final. Laga play-off berlangsung dua leg.

Memasuki babak perempat final, kompetisi akan digelar dengan format dua leg. Baru di final, pertandingan dimainkan satu kali di tempat netral.

3 dari 3 halaman

Pengurus

Tak cuma kompetisi pria, European Super League juga akan membuat kompetisi wanita. Rencananya kompetisi wanita ini bakal digelar tak lama setelah kompetisi pria berjalan.

European Super League menjanjikan hadiah uang yang jauh lebih besar dibandingkan Liga Champions. Bahkan klub pendiri di awal akan mendapatkan kucuran 3,5 miliar euro guna membantu menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

Presiden Real Madrid Florentino Perez yang akan menjadi Chairman European Super League. Perez akan dibantu dua wakil yakni Andrea Agnelli dari Juventus dan Joel Glazer (MU).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions