Sukses

Yuk Simak, Kebiasaan Baik Ini Bisa Cegah Penyebaran Virus di Tengah Pandemi

Penerapan protokol kesehatan ada baiknya terus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus di tengah pandemi

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 masih berlangsung di hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. Karena itu, pemerintah saat ini sedang mengupayakan pencegahan penyebaran virus Corona dengan cara vaksinasi.

Sesuai aturan, vaksin diberikan untuk usia 18 tahun ke atas dan dilakukan secara bertahap. Namun, alangkah baiknya sambil menunggu giliran vaksin, ada baiknya kita juga terus menjaga kesehatan dengan tertib.

Penerapan protokol kesehatan ada baiknya terus diterapkan dan tidak dianggap sebagai aturan semata. Pasalnya, kita takkan pernah tahu kapan terpapar bakteri dan virus dari orang lain.

Pasalnya, virus bisa hidup di udara selama dua jam hingga sebelumnya jatuh di permukaan dan bertahan beberapa jam sampai tiga hari.

Agar sistem imun tubuh selalu kuat dan sehat, ada baiknya kita mulai melakukan hal baik dimulai dari diri sendiri. Seperti dikutip laman Healthline berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kenakan Masker

Biasakan kita lepaskan sepatu atau sandal di luar rumah atau sebelum masuk ke dalam rumah. Kemudian cuci tangan selama 20-30 detik setelah dari kamar mandi dan sebelum dan sesudah menyentuh makanan.

Jangan lupa kenakan masker katun atau linen untuk menutupi wajah saat di ruang publik, untuk mencegah penyebaran virus di udara seperti virus corona baru.

3 dari 5 halaman

Cuci Pakaian

Selanjutnya, cuci pakaian yang dikenakan di luar rumah secara teratur dengan air hangat (jika memungkinkan). Jaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain di depan umum (jarak fisik atau sosial), terutama jika daerahmu memiliki kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Perlu juga diingat saat batuk atau bersin tutup dengan tisu atau siku, bukan dengan tangan. Jangan menyentuh wajah dengan tangan kosong bahkan kotor.

Cobalah untuk membatasi aktivitas di luar ruangan dengan bekerja dari rumah atau bersosialisasi dengan teman dan keluarga melalui obrolan video.

4 dari 5 halaman

Cegah Penyebaran Kuman

Nah, untuk menghindari atau mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang menempel di benda-benda yang sering kita gunakan, yuk mulai lebih aware lagi sama kebersihan. Tugas kita untuk menjaga kesehatan diri nggak cukup kalau cuma membersihkan perlengkapan tersebut saja.

Kita juga harus melindungi diri dengan rutin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer meski hanya di rumah saja. Maka dari itu, mulai sekarang kamu bisa mengandalkan hand sanitizer gel yang memberikan perlindungan ekstra.

5 dari 5 halaman

Bikin Nyaman

Jadi pilihlah hand sanitizer yang mengandung aloe vera organik dan alkohol 80%. Dengan komposisi alkohol 80% dan kandungan aloe vera organik, sekaligus bikin kamu nyaman selama digunakan karena nggak bikin kulit kasar. Yup, kulit tanganmu justru kulit terasa lebih moist dan halus.

Nah waktu terbaik menggunakan hand sanitizer gel ini, sebelum dan setelah menyentuh sesuatu yang berpotensi menularkan kuman. Apalagi ketika kamu berada di tempat umum dan jauh dari sumber air.

(Stella Maris)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.