Sukses

Liga 1 Belum Bergulir, Fisik Pemain Timnas U-23 Menurun

Fisik pemain Timnas U-23 dinilai tak bisa fit gara-gara kompetisi seperti Liga 1 yang tidak bergulir di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Fisik pemain Timnas U-23 Indonesia disinyalir terus menurun. Ini disebabkan oleh tidak adanya kompetisi sepak bola seperti Liga 1 yang biasanya memantapkan kondisi fisik pemain.

Komentar ini diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat mengunjungi latihan timnas U-23 untuk persiapan SEA Games 2021 di lapangan D Senayan, Rabu (10/2/2021) kemarin.

"Pada kesempatan tadi pelatih Shin Tae-yong berpesan ke saya agar kompetisi segera dapat bergulir. Efek belum bergulirnya membuat kondisi fisik pemain menurun. Mereka tidak cukup hanya latihan saja, harus ada kompetisi. Pelatih Shin Tae-yong akan terus mengasah kemampuan anak asuhnya terutama meningkatkan fisik, taktik, mental, dan lain-lain," ujar Iriawan seperti dikutip situs PSSI.

Liga 1 dan kompetisi dibawahnya memang diharapkan bisa bergulir lagi. Saat ini PT LIB dan PSSI sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan restu dan izin pertandingan.

Liga 1 sudah tak bergulir hampir setahun. Liga 1 musim 2020 pun ditiadakan dan kini PSSI dan PT LIB menyiapkan kompetisi yang baru dengan format tanpa penonton.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

Latihan timnas dalam kondisi pandemi Covid-19 ini seperti biasa berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pemain dan ofisial telah melaksanakan swab test.

Selain itu, pemain selalu membawa hand sanitizer, menjaga jarak serta bergantian saat makan, duduk di dalam bus serta bus bolak-balik mengangkut pemain dan ofisial dari hotel ke stadion begitu juga sebaliknya.

"Saya datang untuk melihat latihan timnas Indonesia persiapan SEA Games 2021 karena ingin memotivasi dan memberikan semangat kepada pemain secara langsung. Apalagi tim ini ditargetkan meraih emas pada ajang tersebut. Kami berpesan untuk pemain dan ofisial terus semangat dan bekerja keras selama pemusatan latihan dan tetap menjaga kesehatan," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Dua Kali Sehari

 

TC timnas Indonesia persiapan SEA Games 2021 pada bulan ni akan berlangsung hingga 28 Februari mendatang. Dalam sehari, Evan Dimas dan kawa-kawan menjalani latihan dua kali (pagi-sore) di Stadion Madya dan Lapangan D Senayan.

Untuk ajang SEA Games 2021 direncanakan akan berlangsung mulai bulan November mendatang di Hanoi, Vietnam. Pada SEA Games 2019 lalu, timnas Indonesia meraih perak usai kalah 0-3 dari Vietnam pada laga final yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial Manila, Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.