Sukses

Liga 1 dan Liga 2 Resmi Batal, PT LIB : Klub Ingin Menata Musim Baru

PSSI menganggap situsi force majeure sebagai penyebab pembatalan Liga 1 dan Liga 2.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020-2021 akhirnya resmi dibatalkan. Keputusan ini diambil melalui rapat Komite Eksekutif atau Exco PSSI yang berlangsung di Jakarta, pada Rabu (20/1/2021). 

Pembatalan disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan seperti dilansir dari situs resmi PSSI. PSSI juga memastikan tidak ada pemenang dan tim yang degradasi dari Liga 1 dan Liga 2. 

"Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan," katanya. 

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terhenti akibat pandemi virus Corona COVID-19 yang melanda dunia. Kedua kompetisi ini sempat akan bergulir akhir tahun lalu, tapi batal karena tidak mendapat izin keramaian dari kepolisian. Liga 1 terhenti setelah sempat berlangsung selama tiga pekan. 

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengatakan, sebelum PSSI membatalkan Liga 1 dan Liga 2 2020-2021, pihaknya sudah berkomuniksi dengan klub secara virtual. 

''PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,'' kata Akhmad dilansir dari situs resmi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga.  

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Dirut PT LIB

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno juga menambahkan dalam virtual meeting itu, klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. ''Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka ingin musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,'' ujar Sudjarno.

Menurut PT LIB, klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan agar PT LIB sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri, sehingga klub akan lebih mudah untuk mempersiapkan musim kompetisi 2021.

3 dari 4 halaman

Persib Sempat Pimpin Liga 1

Sementara itu, sebelum resmi dibubarkan, Persib Bandung sempat menguasai papan atas klasemen sementara Liga 1. Maung Bandung memimpin dengan koleksi 9 poin dari tiga pertandingan. 

Di posisi kedua menyusul Bali United dengan 7 poin. Sedangkan Pusamania Borneo berada di urutan ketiga dengan koleksi 6 poin. Klasemen Liga 1 2020 sebelum dibatalkan ada di halaman selanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga 1 2020/2021

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.