Sukses

Persija Gagal Ikut Piala AFC 2021, Ini Reaksi PSSI

PSSI semula menetapkan Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia untuk Piala AFC 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Persipura Jayapura menggantikan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia pada Piala AFC 2021. Mutiara Hitam akan tampil bersama Bali United.

Pergantian terjadi karena ada ketidaksesuaian para kategori peserta. Federasi Sepak Bola Asia (AFC) ingin klub yang tampil memenuhi syarat.

Sebelumnya PSSI mengirim juara Liga 1 2019 Bali United dan runner-up Piala Indonesia 2018/2019 Persija sebagai wakil. Persija mengisi tempat sang juara PSM Makassar yang tidak mengantongi lisensi profesional 2020.

Kedua klub terpilih berdasar rapat Komite Eksekutif PSSI. Pasalnya, Indonesia belum menuntaskan kompetisi karena pandemi Covid-19.

Namun, AFC menolak keputusan PSSI terkait Persija.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Sesuai Syarat

Dalam pasal 9 peraturan kompetisi AFC tahun 2021, perwakilan dari asosiasi adalah juara divisi teratas, juara piala domestik, peringkat kedua divisi teratas, peringkat ketiga divisi teratas, dan peringkat keempat divisi teratas.

Bila mereka yang berada di zona tersebut tidak mendapat lisensi AFC maka digantikan tim lain dengan posisi tertinggi. Sementara kelas runner-up piala domestik berada di bawah divisi teratas.

Maka, Persija tidak masuk kategori. Begitu pula dengan runner-up Liga 1 2019 Persebaya Surabaya yang tidak lolos seleksi lisensi AFC. Penghuni peringkat ketiga Liga 1 2019 Persipura lebih berhak.

3 dari 3 halaman

Sikap Persipura

Dengan keputusan ini, PSSI meminta Persipura melengkapi beberapa persyaratan administrasi dengan tenggat waktu hingga Senin (21/12/2020). Mutiara Hitam juga sudah bergerak dan menetapkan Stadion Mandala sebagai kandang.

"Semoga tidak ada kendala karena mepetnya waktu. Saya sampaikan terima kasih atas dukungan publik sepak bola Indonesia atas perjuangan ini. Semua membuat kami kukuh memperjuangkan hak sesuai aturan," kata Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.