Sukses

FA Vonis Striker MU Edinson Cavani Bersalah, Terancam Sanksi Tiga Laga

FA vonis striker MU Edinson Cavani bersalah atas postingannya di media sosial. Cavani masih punya waktu untuk menjawab tuduhan ini sampai 4 Oktober.

Liputan6.com, Jakarta Federasi Sepak Bola Inggris sudah menyatakan striker Manchester United (MU), Edinson Cavani bersalah atas postingan bernada rasis di media sosialnya. FA menilai kata-kata "negrito" itu berbau ofensif dan rasis.

Cavani seperti diketahui memposting jawaban Negrito saat membalas ucapan selamat usai cetak 2 gol MU ke gawang Southampton pada 29 November lalu. Belakangan, Cavani minta maaf atas postingannya itu.

Atas ulahnya ini, Cavani yang gabung Man Utd dengan gratis terancam sanksi larangan main tiga laga. Namun vonis ini belum final karena masih menunggu jawaban dari Cavani.

"Posting ini disinyalir bernada menghina dan/atau menyalahgunakan dan/atau tidak pantas dan/atau membawa permainan ini jadi rendah," bunyi pernyataan FA.

"Komentar mengandung sebuah pelanggaran yang berat yang mengasumsikan ke sebuah kelompok orang atau orang atau warna," bunyi pernyataan PSSI nya Inggris ini.

 

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banding

Cavani punya waktu hingga 4 Januari untuk memberi jawaban atas tuduhan ini. Kubu MU menyatakan bakal mempertimbangkan keputusan ini dan menegaskan tak pernah ada niat buruk di balik postingan Cavani.

"Manchester United dan seluruh pemain semuanya berkomitmen untuk melawan rasisme dan kami akan terus bekerja sama dengan FA," tulis MU saat menjawab tuduhan FA.

"Kami melihat keputusan FA didasari atas jawaban Cavani kepada pesan seorang teman usai cetak gol lawan Southampton. MU dan Cavani menegaskan tak pernah ada niat buruk dari postingan itu."

 

3 dari 3 halaman

Minta Maaf

 

Sebelumnya, Cavani sudah menyatakan dengan tegas minta maaf atas postingan yang sudah dikirimkannya.

"Sebenarnya itu ditujukan sebagai cara akrab untuk menyambut seorang teman, mengucapkan terimakasih kepada dia karena memberi ucapan selamat untuk gol saya," kata Cavani.

"Hal terakhir yang ingin saya lakukan yaitu menyinggung orang lain."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Edinson Cavani adalah seorang pesepak bola asal Uruguay.
    Edinson Roberto Cavani Gómez adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Uruguay yang sekarang bermain di klub La Liga Valencia CF.

    Edinson Cavani

  • FA

  • Cavani