Sukses

Operasi 8 Jam, Berapa Durasi Pemulihan Marc Marquez sebelum Ikut MotoGP 2021?

Marc Marquez naik operasi untuk kali ketiga akibat cedera humerus yang dideritanya pada seri pembuka MotoGP 2020.

Liputan6.com, Madrid - Perjuangan Marc Marquez merebut kembali gelar juara dunia MotoGP 2020 bertambah berat. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu kembali naik meja bedah dan diperkirakan membutuhkan waktu enam bulan rehabilitasi.

Marquez melakoni operasi ketiga, Kamis (3/12/2020), untuk memulihkan patah humerus yang dideritanya pada seri pembuka musim 2020.

Dalam keterangannya, Honda menyebut prosedur itu memakan waktu selama delapan jam. Dokter mengambil tulang dari pinggul Marquez, karena mengandung sel darah merah tinggi, dan mencangkokkan ke area humerus di lengan kanannya. Selain itu, pelat baru juga dimasukkan.

"Marquez menjalani operasi ketiga di Hospital Ruber Internacional, Madrid, karena lambatnya proses pemulihan dari tindakan sebelumnya," tulis keterangan Repsol Honda.

Saksikan Video Marc Marquez Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Sempit

Pabrikan asal Jepang tersebut tidak menyebut durasi pemulihan. Namun, motorsport.com memperkirakan Marquez setidaknya perlu waktu setengah tahun agar benar-benar fit.

Jika demikian, juara dunia MotoGP enam kali tersebut bakal melewatkan awal musim baru. Pengujian untuk kompetisi 2021 sudah dimulai pada Februari dengan seri pertama berlangsung sebulan kemudian.

3 dari 4 halaman

Petaka di Awal Musim

Marquez menderita retak humerus usai terjatuh pada seri pembuka di Jerez. Langsung operasi, dia mencoba tampil pada balapan di tempat sama sepekan berselang. Pada akhirnya Marquez memutuskan mundur karena merasa tidak maksimal saat menjajal sesi latihan bebas pertama.

Cedera Marquez kemudian bertambah parah karena membuka jendela di kediamannya. Dia akhirnya menjalani operasi kedua pada Agustus. Setelah itu Marquez fokus pemulihan.

Sempat dikabarkan bakal siap di beberapa seri terakhir, Marquez akhirnya menahan diri dan melewatkan seluruh musim 2020.

 

4 dari 4 halaman

Gelar Direbut Mir

Gangguan tersebut menghambat ambisi Marquez mempertahankan gelar MotoGP atau kelima secara beruntun. Dia harus merelakan takhta ke kompatriot Joan Mir yang membela Suzuki Ecstar.

Tanpa Marquez, Honda juga urung merebut gelar pabrikan dan tim terbaik pada 2020. Kehormatan jadi milik Ducati dan Suzuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.